Testimoni Tempat Bersalin di Sidoarjo

Sumber : google

Tulisan ini berawal dari perbincangan dengan adek saya yang sedang melalui masa trimester awalnya dengan mempersiapkan tempat lahiran. Sedikit berdebat sebenarnya tentang layak tidaknya sebuah klinik sebagai tempat rujukan yang ideal untuk melahirkan.

Adik saya memilih lokasi A, dan saya berkata bahwa lokasi itu kurang nyaman, dokter kandungan tidak ramah, tidak ada IMD dan dari testimoni teman-teman seusia saya beliau tidak pro normal. Ya betul, di masa saat saya akan melahirkan yaitu tahun 2015 hampir semua tempat bersalin di Sidoarjo memiliki reputasi yang kurang baik.

Selesai berdebat di telpon, saya jadi mikir, ini adik saya yang lugu atau saya yang nggak open minded dengan perubahan. Akhirnya saya bawa case ini di forum chat Belajar HE, dan saya menemukan banyak sekali testimoni positif tempat bersalin di Sidoarjo.

Harapan saya tulisan ini bisa menjadi angin segar bagi ibu-ibu yang akan mempersiapkan persalinan nya di Sidoarjo dan sebagai masukan bagi tenaga kesehatan di wilayah Sidoarjo khususnya.

Hal-hal yang biasa diperhatikan dalam memilih tempat bersalin namun masih jarang ditemukan:
1. Inisiasi menyusui dini
2. Pro normal, tidak cepat mengambil putusan SC 
3. Biaya terjangkau
4. Lokasi bersih dan menjaga aurat ibu
5. Room in, bayi bersama ibunya

Berikut ini testimoni teman-teman

1. Rumah Sakit Ibu dan Anak Mitra Husada

Jl. Raya Sruni, Sruni, Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61254

Testimoni Bunda Dwi Retno Wulandari: Pengalaman di mitra husada sidoarjo InsyaAllah juga difasilitasi, selama kita memang minta ASI, soalnya sblmnya ditanya juga mau ASI atau sufor

Seruni gedangan, deket rumah
Itu hampir sama dokter2nya RS jasem sama mitra husada, selama tidak ada kontraindikasi InsyaAllah difasilitasi memberikan ASI
Aku pilih di situ soalnya deket rumah biar riwa riwinya gag jauh😁

2. Rumah Sakit Jasem

Jl. Samanhudi No.85, Bulusidokare, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61234

Testimoni Bunda Qory Laila Rusda: Saya di jasem pernah lahiran normal padahal sudah pAke baju operasi, kamar operasi sdg disiapkan, dokter bedah dalam perjAlanan
Anak saya juga ndAk dikasi sufor kArena saya ndak nitip sufor ke ruang bayi

Panjang ceritanya li.. hehehe.

06.00 pecAh ketuban kehijauan

09.00 berangkat ke RS
09.30 diperiksa bukaan masi satu, janin belum turun panggul, ketubAn dinyatakan keruh. Setelh itu, mAsuk ruang vk dan detak jantung janin direkam.
10.15 bidan datang dan bilang kalau dokter kandungannya menyarAnkAn operasi karena bayi blm turun panggul, ketuban keruh dan, detak jantung janin tinggi. Kalau misal disuntik pendorong dikhawatirkan bAYi bisa distress, ndak kuat, bisa meninggAl. Smntra itu bAYi harus segerA keluAr karena ketuban sudah pch dan keruh
10.30 mulai sakit2 teratur 10 menit sekali, lama2. Bidan datAng ngecek sudah buka tigA.
11.30 sktnya ndak tertahankan, suami blg ke bidan, diperiksA sudah buka 8 bAYi sudah turun. Kemudian sambil nunggu doekter dtg perawat mASuk makaikan baju operasi dan bilANg kamarnya msh dsiapkan dokter bedah datang set 1, operasi nunggu dokter dATAng. Setelah itu dokter kandungAnnyA datg, dokter samsul, Anaknya dokter bAndi. 
Dicek karena bukaan sdh hmpr pnh akhirnya dicoba normal. Alhamdulillah lahir normal 12.34

Apapun yg terjadi kehendak Allah. Setiap org yg ketemu aku msti bilang, 9 bln kok masih di Atas? Dan blg aku bakalAn operasi. Aku sdh pasrAh mana yg terbaik tapi tetap sujud lamA, jALAn 30 menit, ngepel jongkok, tApi hasilnyA kupasrahkan samA AllAh. Alhamdulillah diberi kesempAtAn lahiran normal. KebANyAkAN org mikir kArena Aku g tinggi jadi g bisA lahiran normal. Dan yg terpenting sehat ibu dan bayinya. Wktu itu anakku kurang sehat dan aku pendarahan hehe

Ibuku nyuruh Aq berdzikir dg kalimAt tsummAs sabiila yAssaroh. Semoga dimudahkAn jalAnnya. Jadi tak bc dimanApun dAn kapanpun ketika ingAT

3. Bidan

Testimoni Bunda Galuh Fifiyanti: Gak hanya 2015, ya’.

Isu obgyn sda dikit2 SC itu sampe aq hamil masih santer bgt.
Dulu aq gak ada komunitas kayak gini jd galaunya nambah cz cari info juga susah.
Akhirnya lari ke bidan.
Alhamdulillah si Gibran lahirnya gak ada kendala berarti. Bahkan pagi sampe sore aq masih ngajar full. Malemnya lahiran. 🤣
Belum sempat cuti malah. 😝
Dwi Retno Wulandari: Oiya tentang bidan, ada bidan yg menurutku oke daerah wisma sari nadi, namanya bu ika, orgnya sabar, itu rekomendasi temenku smp cenderasari
Galuh Fifiyanti: Bidan q di sarirogo dekat rumah, ya’.
Namanya bu nufus.
Aq juga sebenarnya pengen ke bu djoko di wates atau di bu ika yg dibilang erik td. Cuma ya itu, lahiran ndadak jd cari yg deket.

Klinik Rumah Bersalin “DELTA MUTIARA”

Jl. Raya Sarirogo Blok RA No.23, Sari Rogo, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61234
(031) 71265713

4. RSI Siti Hajar

Jl. Raden Patah No.70, Bulusidokare, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61234
Testimoni Bunda Rita: Aq dlu lahiran d rsi siti hajar sda yak, ya walaupun harus sc karena emg ketuban mw habis tapi cm bukaan 1 terus sampe hampir 7 jam,, tp Alhamdulillah disana pro ASI bgt,,
Lintang Smanisda: Udah rooming in jg mb?
Rista Ramadhan: Di rs.siti hajar jg ada dr kandungan perempuan. Dr.umi namanya.
Rita: Belum mbak,,, tapi tiap pagi emg bayinya dikasihkan ibunya, tp pas malem aja ttp diambil lg harus bubuk d ruang bayi
Rita: Iya,, waktu itu aq jg sama dr. Umi

5. Klinik Ibu dan Anak Pondok Jati

Pondok AK 11-13 Kecamatan Buduran Sidoarjo, Jati, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252

Testimoni Bunda Tania: Waahh… Ini tempat saya bersalin dulu.. Asli saya puas banget bunda disini
1. Pelayanannya baiiikk banget
2. Bidannya cekatan
3. Sangat pro kelahiran spontan
4. Saat lahiran spontan, bunda akan dikasih alat bantu agar persalinan tsb berjalan lancar dan memperkecil resiko pada bayi dan ibunya
5. Saat akan melahirkan bidan2nya selalu support dan menghibur. Ramah banget
6. Pro imd
7. Pro asi. Saya waktu hampir nyerah nyusuin, bidan2 malah bilang.. “Gpp bu..bayi bs bertahan maksimal 3hr tanpa minum”
Terus kamarnya cozy banget. Ah… Juaraaa… Heheheh.. Kok malah jd promo



Ada satu kisah dari Bunda Galuh yang menarik untuk disimak

Galuh Fifiyanti:
Spog q dr. Haris di siti hajar, tp aq kalau kontrol d rumah beliau. Beliau orgnya agamis bgt. Kadang pasien sampai dibikin keki pas konsul. Aq pernah tanya gmana cara biar bisa lahiran normal, maksud q perlu jalan2 kah, ngepel2 kah,yoga kah. Eh jawaban beliau cuma 1, “doa”. dikit,singkat,padat jelas, dan bener sih. 🤣
Beliau cerita kalau ada pasien yg yakin bgt bisa lahiran normal cz sudah ikut yoga n kelas melahirkan gitu, tp pas lahiran bukaan 5 bayinya melenceng dr jalan lahir.
Kata dr. Haris itu ciri org lupa ama Allah. 
Kalau diinget2 rekap konsul hamil ama beliau lucu2. ☺

Mencari tempat bersalin yang ideal adalah salah satu usaha kita memberikan yang terbaik untuk anak kita. Tapi jangan sampai lupa bahwa semua terjadi atas kehendak dan izin Allah.

Advertisements