Renungan Senin

Ketika SMA dulu dalam kajian di sekolah kami diterangkan perihal ghazwul fikr atau perang pemikiran. Dan bagaimana kita dilenakan dengan adanya hiburan. Food, fashion, film saat itu. 

Bagiku semua informasi itu, ah masak sih! 

Satu dekade terlewati nampaklah wajah-wajah yang terlena. Tak sempat mengkaji Sirah Nabawiyah maka pemain film pemain musik mereka idolakan bagaikan dewa. Atau mungkin sempat mengkaji namun satu dekade adalah waktu yang lama sehingga Rasulullah pun terpinggirkan dari hatinya. 

Film dan film adalah hiburan terbaik. Dan lembaran Qur’an tak lagi menarik hati. Akalnya ingin sekali menggapai kitab suci namun hatinya seakan berat. Ada apa dengan hatinya? 

Kian tahun generasi seperti ini tak berkurang namun kian bertambah. Karena senjata ghazwul fikr kian canggih. Bisa digenggam bahkan dibawa kemana-mana. Smartphone yang tak pernah lepas dari genggaman.

Kali ini mungkin bukan lagi segala macam hiburan mempengaruhi hidupnya namun memperbudak hidupnya. Lahirlah generasi yang bangga disebut sebagai generasi micin. Bangga akan ketidak pedulian kepada sesama. Bangga akan hidupnya yang senang-senang dan senang-senang. Salah satu yang mereka benci adalah orangtua. Karena dianggap nya tidak mengerti keinginan mereka. Yang mereka pedulikan hanya dirinya sendiri. 

Mungkin mereka sudah tidak sempat menyelamatkan diri dari cengkraman si gadget.

Mengembalikan keadaan menjadi sedia kala sungguh tidak mudah. 

Menjadikan kehidupan yang organik (mungkin bisa dibilang begitu) Tidak menggunakan gadget dibilang tidak mungkin, udik, kampungan, muluk-muluk. Dianggapnya terlalu keras pada diri sendiri. Atau mereka lupa dunia luar lebih keras menghantam diri kita secara diam-diam?

Lelah babak belur dan kadang mengeluh ingin menyerah. Sudah lah nasib jadi generasi micin ya sudahlah…begitukah? 

Tapi saat hati ini sakit merintih sendiri, fisik ini lelah tak mampu berdiri. Ada saja tangan-tangan yang menggapai anganku. Yang kata mereka fatamorgana. Menjadi optimisme dalam diri.

Peradaban yang lebih baik bisa terbentuk. Menjadikan anak sholeh dan Sholehah bisa kita lakukan. 

Liya Dewi

Sebuah renungan tentang kehidupan saya dan disekitar saya. Maka klo ada yang perlu tersinggung dgn tulisan ini adalah saya sendiri

Advertisements

Apa itu Me Time?

Ahad ini, jam ini, aku sendiri.

Suami snorkling di Menjangan anak maen dirumah Kung dan Uti nya yang jaraknya 5 menit dari rumahku.

Kata orang ini me time. Waktu untukku sendiri dan aku bisa melakukan apapun sendiri. Waktu yang diharapkan banyak orang. Waktu yang membuat bahagia karena bebas tanpa ada rasa beban. 

Tapi disini aku jadi tau apa makna me time untukku. Jika Me Time adalah waktu dimana kita sendiri dalam arti seorang diri secara fisik mungkin memang bisa dibilang momen ini adalah me timeku. 

Tapi bagiku Me Time adalah waktu dimana aku bisa mengeksplor diriku. Bagiku aku bisa mengeksplor diri ketika suami dan anakku berada di sekelilingku. Tetap belajar dan berkarya dengan tetap menemani mereka adalah eksplorasi yang seutuhnya bagiku. Karena menjadi mampu melakukan semua itu dalam satu waktu atau orang bilang multitasking adalah masalah jam terbang. Maka semakin sering aku berada dalam kondisi yang memaksaku menjadi multitasking adalah cara yang tepat untuk mengeksplorasi diri.

Terlahir sebagai wanita, fitrahku adalah kemampuan mengasuh, maka segala ilmu pengetahuanku di dunia pendidikan dengan cepat melaju mengalir dan mengeluarkan ide-ide baru seputar pengasuhan. Seolah fitrah dan pengetahuan adalah teman akrab yang sudah lama tak bertemu. Jadi Me Time ku adalah mengembangkan diri dengan tetap berada di sekeliling mereka. 

Klo pun aku harus pergi meninggalkan mereka haruslah untuk hal yang amat mendesak dan tidak dalam waktu lama.

Seperti kajian setengah hari jika lebih dari satu hari maka anak suami pun akan aku ajak. Karena Me Time ku adalah belajar. Belajar menjadi diriku yang lebih baik perlu melibatkan anak dan suami karena mendidik itu butuh satu desa, begitu juga dengan mendidik seorang ibu. 

Dan sekarang aku rindu Me Time ku. 

Trimester Awal

Trimester awalku kini nggak jauh beda sama yang dulu. Semakin hari semakin mual. Mualnya semakin nggak kenal waktu, nggak kenal ketemu makanan enak atau nggak, nggak kenal orang baik wangi atau kecut. Tapi aku bersyukur karena sekarang aku punya banyaaak waktu untuk  throwback….

Tiga tahun yang lalu waktu aku mengandung Azzam, aku masih kerja dan nyambi kuliah pascasarjana. Aku tinggal di kos bareng temen-temen kantor. Suamiku di Cilacap. Yes, long distance marriage dan alhamdulillah dititipin Azzam di perut. Dan yah trimester awal dengan keadaan seperti itu sungguh AMAZING DUDE!

Di trimester awal aku nggak bisa makan apa-apa. Iya semua keluar lagi, byasanya setelah pulang kantor sekitar jam setengah enam sore. Padahal pulang jam segitu adalah aib buat tempat kerja aku dulu. Aku pulang dan muntah-muntah. Muntah sampai nggak ada yang dimuntahkan dan lemes sendiri di kamar, secara temen-temen masih pada di kantor. 

Semakin hari aku nggak bisa ngebauk aroma orang dewasa. Padahal di kantor ketemu banyak orang. Padahal mbak dan mas nya wangi-wangi dan cantik mbak-mbak nya, tetep aku muntah bisa pagi siang atau sore. Betapa berisiknya aku di kantor ya. Semoga Allah membalas kesabaran temen-temen sekantor aku dulu dengan hal yang lebih baik dari Allah. 

Makan. Aku nggak bisa makan apa-apa kecuali susu hamil yang aku muntahin cuma itu. Byasanya tiap jumat, pas cowok-cowok kita cewek-cewek main ke mall sebelah buat jajan. Temen-temen aku pada jajan dan aku cuma ngliatin dengan tatapan ngeri nggak tahan baiknya makanan. Karena saran temen-temen akhirnya aku beli ice cream. Finally sebelum balik ke kantor mereka nungguin aku yang lagi di kamar mandi. Ngapain lagi klo bukan… Ya ice cream aja kluar semua. 

Aku nggak ada waktu buat screening gizi yang aku makan. Waktu itu yang pikirkan, yang penting aku makan meski akhirnya kluar lagi. Sampai trimester awal terlewati. Ini bukanlah cara yang terbaik tentu! Tapi itu yang terbaik yang bisa aku lakukan dengan kondisi seperti itu. 

Dan sekarang aku dirumah, bisa selonjoran waktu mual. Sambil liat tingkah anakku yang lucu yang adaaa aja. Aku nggak pernah muntah cuma sebatas mual. Aku bisa screening gizi yang masuk dalam tubuhku. Fokus tidak terpecah belah. Seberat apapun hari ini, aku merasa beruntung karena ini sudah lebih baik dari hariku yang kemarin. 

Dan karena aku tau berat menjadi ibu sekaligus bekerja maka aku sangat senang klo ada temen-temen yang memilih fokus dirumah bersama keluarga. Dan karena hal yang sama juga, aku sangat menghargai temen-temen yang masih bekerja sekaligus menjadi ibu. 

Dan karena hal yang sama juga, aku merasa sangat sakit hati klo ada yang bilang “menjadi ibu rumah tangga lebih mulia dari ibu bekerja”. Kebayang nggak sih susah payah mengandung sambil kerja, dan menyusui sambil kerja terus ada yang bilang kayak gitu. 

Kita nggak tahu perjuangan yang mereka hadapi dan kita nggak tahu apa yang Allah kehendaki.

QS Al-Baqarah : 119 – Sesungguhnya Kami telah mengutusmu (Muhammad) dengan kebenaran; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungan jawab) tentang penghuni-penghuni neraka.

Bashiran wa nadhiran, berita gembira dan peringatan. 

Itulah yang seharusnya kau gunakan jika ingin mengajak seseorang ke jalan Allah. Berikan peringatan tentu boleh, jangan lupa dengan kabar gembira. Karena secara fitrah itulah tugas manusia di bumi. 

Khitan Pada Anak Perempuan (Wawasan dari Segi Medis)

Perhatian ini bukan tulisan pro ato kontra tentang khitan bagi perempuan yaaaa. Jadi dibaca yang lengkap biar paham.

Buat yang masih belum sempet baca semua, ini aku kasi highlighter nya

Highlight pembahasan
1. Klasifikasi FGM menurut WHO

(i)    pemotongan “preputium” dengan atau mengiris/menggores bagian atau seluruh klitoris; 

(ii)    pemotongan klitoris dengan disertai pemotongan sebagian atau seluruh labia minora; 

(iii)    pemotongan bagian atau seluruh alat kelamin luar disertai penjahitan atau penyempitan lubang vagina (infibulasi); dan 

(iv)    tidak terklasifikasi, yakni: penusukan, pelubangan, pengirisan atau penggoresan terhadap klitoris dan/atau labia, pemotongan vagina, pemasukan bahan yang bersifat korosif ke dalam vagina.

2. Yang dilakukan di Indonesia adalah yg (i) sedangkan di Afrika (ii)/dan (iii)

3. Berdasarkan penelitian di Afrika bahwa banyak dampak buruk dari FGM maka thn 1996 kluar pelarangan FGM dari WHO

4. Karena ada pelarangan itu Keluar Fatwa MUI tentang khitan pada anak perempuan, yg menjelaskan bahwa perlunya khitan pada anak perempuan

5. Tanggapan Kemenkes ataa Fatwa MUI itu Tahun 2010 keluar Permenkes tentang dibolehkannya FGM, isinya tentang tata cara FGM yg benar yaitu  seperti poin (i), perlindungan terhadap tenaga medis yg melaksanakan FGM meski tdk ada indikasi medis

Lebih lengkapnya dibaca ya resume kulwapnya, dibacaaaa

————————–

Assalamu’alaikum ayah bunda se indonesia.


Insya Allah kita akan berbincang santai tentang sunat pada anak perempuan, ditinjau dari pandangan medis.

Kuliah whatsapp ini akan dilaksanakan paralel di 3 group, yaitu group utama dan group relay yang terdiri dari relay whatsapp dan relay telegram.

Group utama akan dipandu oleh ende (nd) yang akan diforward ulang di group relay oleh neo (whatsapp) dan dr. Uthie (telegram).

Sebelum kulwap kita mulai, saya akan memperkenalkan narasumber kita ya.

Nama: Dr. Krisna Adhi Nugraha
Panggilan: dr. Krisna
Kuliah : FK Unissula 2002 – 2008
Dan saat ini sedang studi untuk spesialis anak di FK Unsri/ RSUP Dr. Moh. Hoesin Palembang 2013-sekarang.

Nama: dr. Rosadi Putra, SpU
Panggilan: dr. Rosadi
Kuliah di  Praktek di Fakultas Kedokteran Unpad, lulus tahun 2015 sebagai spesialis urologi.
Saat ini praktek RSUD ciawi dan RS melania bogor.

Obrolan kita kali ini akan mencakup:
– Apa itu sunat perempuan?
– Perlu kah perempuan di sunat?
– Apa kebaikan yang diperoleh dari sunat dan apa keburukan yang mungkin terjadi bila tidak disunat?
Yang akan disampaikan oleh dr. Krisna
Dan
– Praktek sunat perempuan di indonesia
– Anjuran medis dalam memelihara kesehatan kelamin bayi dan anak perempuan
Yang akan disampaikan oleh dr. Rosadi, SpU

Kuliah whatsapp kali ini diselenggarakan secara gratis dan tidak membawa kepentingan dari pihak manapun.

Narasumber menyampaikan ilmu yang dimiliki tanpa imbalan apapun, semata-mata karena ingin menyampaikan ilmu yang dimiliki oleh narasumber.

Kami, tim admin, pun tidak membawa nama komunitas atau organisasi manapun, semata-mata karena ingin bersama-sama mencari ilmu dan informasi.

Tata tertib peserta kuliah whatsapp:
– Berniat mencari informasi sunat pada anak perempuan dari sisi medis
– Mengikuti peraturan yang berlaku
– Tidak menyelak chat saat narasumber menjelaskan
– Bertanya pada sesi tanya jawab

Jika ada pertanyaan, silahkan boleh disampaikan melalui wapri, yang nanti akan diumumkan no hp wapri pertanyaan pada jam 13:45, dan pertanyaan akan dipilih untuk di sampaikan di group.

Insya Allah pemaparan akan dimulai jam 13.00, dan akan ada sesi tanya jawab setelahnya.

Sampai jumpa pada diskusi jam 13.00 nanti, semoga bermanfaat.

Assalamu’alaikum wr wb
Dengan mengucap bismillahirrahmaanirrahiim, mari kita mulai kuliah whatsapp kali ini ya

Sebelumnya saya mau mengajak teman teman untuk meluruskan niat untuk mencari ilmu dan informasi.

Saat ini dokter krisna sudah siap di palembang untuk memberikan paparan tentang sunat pada anak perempuan.

Sementara dokter rosadi sedang tindakan, mohon doanya agar berjalan lancar, dan akan bergabung setelah tindakan selesai.

Untuk itu, mohon perkenan dr krisna agar dapat memaparkan, apakah sunat pada anak perempuan?

📌Untuk itu, mohon perkenan dr krisna agar dapat memaparkan, apakah sunat pada anak perempuan?


👨‍⚕Terimakasih atas kesempatannya. Assalamu’alaikum wr wb.
Sunat pada perempuan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan praktik yang melibatkan pemotongan alat kelamin luar wanita. Adapun “istilah” lain yang biasa digunakan untuk prosedur ini antara lain mutilasi genital wanita (FGM) atau operasi genital wanita.
dalam terminologi internasional, dipakai istilah Female Genital Mutilation (selanjutnya kita sebut dengan FGM). Istilah ini dipakai oleh WHO sampai dengan saat ini.

📌Maksudnya female genital mutilation itu gimana, dok? Mungkin bisa dijelaskan bagian yang disunat dan proses sunat pada anak perempuan.


👨‍⚕jadi ada berbagai macam metoda yang dikategorikan sebagai FGM, WHO sendiri pada tahun 1996 membuat klasifikasi mengenai FGM

👨‍⚕Klasifikasi FGM menurut WHO
(i)    pemotongan “preputium” dengan atau mengiris/menggores bagian atau seluruh klitoris;
(ii)    pemotongan klitoris dengan disertai pemotongan sebagian atau seluruh labia minora;
(iii)    pemotongan bagian atau seluruh alat kelamin luar disertai penjahitan atau penyempitan lubang vagina (infibulasi); dan
(iv)    tidak terklasifikasi, yakni: penusukan, pelubangan, pengirisan atau penggoresan terhadap klitoris dan/atau labia, pemotongan vagina, pemasukan bahan yang bersifat korosif ke dalam vagina.

👨‍⚕ di gambar A, dijelaskan bagian mana yang dilakukan pemotongan pada klasifikasi (i), gambar B merupakan hasil akhir dari tindakannya.

gambar C menerangkan bagian mana yang terlibat dalam klasifikasi (ii) dan gambar D merupakan hasil akhir dari tindakannya.

sedangkan gambar E dan F menerangkan prosedur pada klasifikasi (iii) dan hasil akhirnya.

klasifikasi (iv) tidak ada dalam ilustrasi.

💁🏻 moderator :

Yang paling umum dilakukan yang mana, dok?

👨🏻‍⚕ dr krisna :

bila kita berbicara di Indonesia, maka bisa dikategorikan ke dalam klasifikasi (i), adapun tindakan FGM klasifikasi (ii) dan (iii) pada anak, dijumpai di daerah Afrika

👨🏻‍⚕dr. krisna:

untuk klasifikasi (iii) sendiri, bentuk yang paling berat dari FGM, kebanyakan dilakukan di daerah Sudan dan Somalia

👨🏻‍⚕dr. krisna:

sebagai pengetahuan, bentuk FGM di Afrika memang berbeda dengan yang lazimnya kita jumpai di Indonesia.

dimana dijumpai FGM klasifikasi (ii) dan (iii), yang mana dalam penelitian, menimbulkan dampak negatif baik jangka pendek maupun jangka panjang.

kami bisa berikan beberapa hasil penelitian mengenai FGM (di Afrika)

dalam jurnal tahun 2008 ini, disebutkan bahwa sebanyak 130 juta perempuan di seluruh dunia mengalami FGM, dengan populasi terbesar di Benua Afrika dan Asia. Disampaikan juga mengenai komplikasi jangka pendek dan jangka panjang dari FGM ini

💁🏻 moderator :

Komplikasinya apa, dok? Boleh dipaparkan?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

Baik. ada banyak jurnal yang membahas mengenai tindakan FGM dan komplikasinya, beberapa saya paparkan disini

👨🏻‍⚕dr. krisna:

disini juga dibahas mengenai hubungan FGM dengan psikoseksual

👨🏻‍⚕dr. krisna:

dalam jurnal ini, dari 871 perempuan Gambia yang mengalami FGM, sebanyak 299 perempuan (34%) mengalami komplikasi

👨🏻‍⚕dr. krisna:

yang mana komplikasi terbanyaknya adalah berupa infeksi

👨🏻‍⚕dr. krisna:

dan dari penelitian ini, disebutkan bahwa FGM memiliki kontribusi meningkatkan angka kematian bayi (pada masa perinatal) sebanyak 1-2 bayi per 100 kelahiran

👨🏻‍⚕ dr. krisna:

berdasarkan hal-hal tersebut, maka WHO pada tahun 1996 mencetuskan suatu gerakan internasional untuk menghentikan tindakan FGM

👨🏻‍⚕dr. krisna:

di Indonesia sendiri, pada tahun 2006 dikeluarkan Surat Edaran Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK 00.07.1.31047a, tanggal 20 April 2006 tentang Larangan. Petugas Kesehatan untuk Medikalisasi Sunat Perempuan.

namun setelah dilakukan pengkajian lebih lanjut, Menteri Kesehatan pada tahun 2010 mengeluarkan Permenkes mengenai Sunat Perempuan.

👨🏻‍⚕dr. krisna:

dengan demikian, yang berlaku pada saat ini adalah Permenkes tersebut, yang di dalamnya mengatur mengenai tatacara sunat perempuan

💁🏻moderator :

Jadi perlukah dilaksanakan sunat pada anak perempuan?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

ada berbagai macam motivasi mengapa dilakukan sunat perempuan, antara lain agama dan sosiokultural.

sampai dengan saat ini, memang belum ada penelitian mengenai manfaat sunat perempuan dari segi kesehatan.

di negara barat, praktik FGM dianggap ilegal.

hal ini berbeda dengan sunat pada laki-laki, dimana American Association of Pediatrics sendiri memiliki Satuan Tugas (Task Force) yang khusus membahas mengenai sunat laki-laki.

namun, di Indonesia, masalah sunat perempuan ini secara khusus telah dibahas oleh MUI

👨🏻‍⚕ dr. krisna :

jadi mengenai perlu atau tidaknya dilakukan sunat perempuan, bisa dikembalikan ke orangtua masing-masing. bila memang menghendaki dilakukan, ada aturan hukum yang melindungi (Permenkes), selama dilakukan dengan tata cara yang baik dan benar

💁🏻moderator:

Tata cara yang benar itu seperti apa, dok?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

tatacara ini dibahas dalam pasal 4 Permenkes tersebut.
yakni sebagai berikut:

💁🏻moderator:

Apakah itu seperti tipe (i) dok?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

bisa dimasukkan ke dalam klasifikasi (i)

👨🏻‍⚕dr. krisna:

Jadi mungkin bapak-ibu mendengar mengenai gerakan anti-FGM. Yang kami paparkan tadi adalah latar belakang pelarangan FGM dan perbedaan antara FGM di Afrika dan sunat perempuan di Indonesia

💁🏻moderator:

Apakah dengan klasifikasi (i) ini memiliki resiko infeksi juga?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

semua tindakan kedokteran tentu ada resiko. namun bila dilakukan dengan tenaga yang terampil dan metoda yang benar, kita harapkan resikonya rendah

💁🏻moderator:

Apa kebaikan yang diperoleh dari sunat pada anak perempuan dan apa keburukan yang mungkin terjadi bila tidak disunat?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

mengenai manfaat, kami coba melakukan penelusuran di jurnal/ tulisan ilmiah, namun sampai saat ini belum menemukan tulisan yang membahas mengenai manfaat (yang sudah terbukti) secara ilmiah.

adapun latar belakang mengapa dilakukan FGM sendiri, kebanyakan berdasarkan kepada keyakinan Agama maupun sosiokultural.

begitu pula mengenai keburukan bila tidak dilakukan FGM/ sunat perempuan. kami belum menemukan literatur medis mengenai masalah ini.

💁🏻moderator:

Kalau dari ikatan dokter anak indonesia, apakah lebih menyarankan melakukan sunat pada anak perempuan?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

dari IDAI sendiri belum ada rekomendasi mengenai sunat perempuan

💁🏻 moderator:

Kalau begitu, indikasi medis apa yg membuat anak perempuan perlu di sunat, dok?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

tidak ada indikasi medis, di dalam pasal 3 Permenkes disebutkan sebagai berikut:

💁🏻moderator:

Sehubungan dr rosadi masih tindakan, kita lanjut dengan dr krisna untuk mgembahas tentang praktek sunat perempuan di indonesia ya.

Untuk praktek sunat anak perempuan di indonesia bagaimana, dok?

Apakah masih sangat perlu untuk dilakukan?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

di Indonesia, tindakan sunat perempuan ini berkaitan dengan ajaran Agama. Dan oleh sebab itu, adanya larangan FGM dari WHO, ditindaklanjuti hingga ke MUI, dan lahirlah fatwa MUI tersebut. Mengenai perlu atau tidaknya, karena tidak ada (atau mungkin belum ada) indikasi medis pelaksanaan sunat perempuan, maka sebagai tenaga medis, kami mengembalikan kepada orangtua.

adapun menyikapi Fatwa MUI, dikeluarkanlah Permenkes tadi, untuk memberikan perlindungan bagi tenaga medis yang melakukan sunat perempuan, sekaligus memberikan pedoman mengenai tata cara sunat perempuan yang baik dan benar.

💁🏻moderator:

Pada usia brp sebaiknya dilakukan sunat pada perempuan?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

sampai dengan saat ini tidak ada rekomendasi yang jelas menyebutkan kapan waktu pelaksanaan. namun lazimnya dilakukan pada usia di bawah 1 tahun.

meski bergantung juga dengan budaya setempat, karena ada beberapa literatur yang menyebutkan di daerah tertentu biasanya dilakukan pada usia pre-puber (sekitar usia 8 tahun).

Namun dari sisi medis, anak yang berusia lebih besar tentu memiliki resiko untuk memberontak, dan hal ini tentu berpotensi membuat cedera yang tidak perlu. Demikian.
💁🏻moderator:

Tenaga kesehatan yg bisa dihubungi untuk melakukan sunat, apakah dokter, bidan, atau perawat?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

Di dalam Permenkes, disebutkan ketiganya (dokter, bisan, maupun perawat) boleh melakukan tindakan sunat perempuan.

💁🏻moderator:

Untuk klasifikasi fgm no (i). Apakah setelah dipotong ada penjahitan atau luka dibiarkan terbuka dan sembuh sendiri?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

Tidak ada penjahitan. Hanya perawatan luka biasa. Demikian.

💁🏻moderator:

Bagaimana cara perawatan pasca khitan? Apakah ada cara khusus untuk merawat bekas khitannya?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

Tidak ada cara khusus merawat luka, hanya diberikan povidon iodine paska tindakan saja, selanjutnya tidak ada tatacara khusus.

💁🏻moderator:

Siang dok,

Sehubungan dengan dikeluarkannya permenkes th 2010 ttg sunat perempuan, bagaimana pihak kemenkes mengadakan pelatihan bagi tenaga kesehatan yg disasar untuk menyunat anak perempuan ini, mengingat ada ketentuan agama (dalam hal ini islam ), std profesi dan std pelayanan? Apakah semua nakes bisa, atau hanya bidan saja?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

Selamat siang. Dalam Permenkes diatur bahwa tenaga kesehatan yang boleh melakukan tindakan sunat perempuan adalah dokter, perawat atau bidan; memiliki surat izin praktik; diutamakan perempuan. Sepanjang pengetahuan kami, belum ada pelatihan khusus mengenai prosedur ini

💁🏻moderator:

Mau tanya.kalau anak sudah besar umur 6 tahun dan 8 tahun belum sunat gimana?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

Bisa saja dilakukan. Tentu dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter/ bidan/ perawat yang akan melaksanakan tindakannya.

💁🏻moderator:

Berarti sunat pada perempuan ini dilakukan kepada pasien yg sadar tanpa bius ya dok.. Apakah bisa dengan menggunakan bius (lokal/total)?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

iya. Dilakukan tanpa bius. Bisa saja dilakukan dengan bius lokal/ total bila ada indikasi.

💁🏻moderator:

contoh indikasinya bagaimana dok?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

Bila anak tidak kooperatif/ memberontak, mungkin diperlukan tindakan sedasi ringan

💁🏻moderator:

Kalau anak ada bakat alergi katanya ga boleh bius total, ada historical jd ga bangun lagi.. bener ngga tuh atau sbnrnya aman?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

Bila alerginya terhadap obat yang digunakan untuk pembiusan, tentu tidak boleh. Sangat baik bila orangtua menyampaikan apabila anak memiliki riwayat alergi. Karena akan dijadikan pertimbangan pemilihan obat.Namun “bakat alergi” saja, tidak merupakan kontraindikasi mutlak.

💁🏻moderator:

Kontra indikasi pasien wanita tidak boleh sunat?

👨🏻‍⚕dr. krisna:

Karena indikasi medisnya tidak ada (atau mungkin belum ada), maka sebetulnya mungkin bukan “kontraindikasi”, namun pada keadaan bagaimana sunat perempuan tidak dilaksanakan.

Pada keadaan dicurigai adanya gangguan perdarahan (misal hemofilia, atau gangguan faktor pembekuan darah lainnya); pada keadaan infeksi kelamin; atau bila dikuatirkan anak akan memberontak yang berpotensi mencederai diri sendiri. Demikian

💁🏻moderator:

alhamdulillah dr rosadi sudah selesai melakukan tindakan dan siap berbagi ilmu dan informasinya.

dr rosadi, kita langsung saja ya, dari sisi urologi, sebenarnya bagaimanakah anjuran medis dalam memelihara kesehatan kelamin bayi dan anak perempuan?

👨‍⚕dr. rosadi:

Baik. Jadi salurah kemih wanita itu lebih pendek dibandingkan laki2 sehingga mudah terjadi infeksi. Tidak hanya lebih pendek, namun letaknya pun dekat dengan anus.. sehingga mempermudah masuknya kuman apabila tidak apik membersihkannya.

Nah, bagaimana cara menjaga alat kelamin wanita ini sehingga tidak mudah mengalami infeksi.

Dalam hal ini saya menjelaskan tentang infeksi kemih ya.

Pertama, bersihkan daerah lubang pipis dari atas kebawah. Lebih baik pake air mengalir.

Kenapa dari atas kebawah bukan dibolakbalik atau dari bawah ke atas?
Balik lagi ke dekatnya saluran pipis wanita dengan organ disekitanya. Bila dari bawah keatas ada kemungkinan membawa kuman dari anus naik ke saluran pipis. Jadi alirkan air dari atas kebawah.
Satu arah.

👨‍⚕dr. rosadi:

Kemudian, jangan sampe popok atau pembalut basah terlalu lama. Karena menyebabkan daerah kewanitaan menjadi lembab.

Ini juga berlaku buat wanita dewasa yaa.. banyak yang suka pake pantyliner padahal gak sedang haid. Nah ini membuat daerah kewanitaan menjadi lembab dan rentan terjadi infeksi.

👨‍⚕dr. rosadi:

Kemudian jangan terbuai dengan iklan pake sabun ini itu dengan antiseptik untuk daerah kewanitaan.
Akibatnya bakteri yang baik ikutan mati.
Jadi tidak ada penyeimbang bakteri disekitar daerah kewanitaan dan menyebabkan wanita rentan mengalami infeksi.

👨‍⚕dr. rosadi:

Berhubung bahas ttg  cara  membersihkan daerah kewanitaan, sedikit disinggung juga ya yang dewasa. Pencegahan gak beda jauh.

Cuma nitip aja sama ibu2, jangan suka nahan pipis. Seringnya infeksi saluran kemih terjadi abis nahan pipis dalam waktu lama.

Terus jangan malas minum air putih. Sehari minimal 8 gelas.

💁🏻moderator:

jadi yang paling utama adalah telaten menjaga kebersihan dan menjaga asupan minum ya, dok.

👨‍⚕dr. rosadi:

Iya

💁🏻moderator:

kalau dari Ikatan ahli urologi indonesia, bagaimana pandangannya terhadap sunat pada anak perempuan?

👨‍⚕dr. rosadi:

Berdasarkan kolegium tidak ada istilah sunat pada perempuan. Dari sisi medis memang tidak ada indikasinya untuk melakukan khitan pada perempuan.

Toh dari pengalaman saya, tidak perlu melakukan penyayatan apapun pada organ kewanitaan anak. Begitu adanya dari bayi hingga dewasa.

📌penanya:

pertanyaan #3:

Sianh dok. Anak saya perempuan sudah 6 tahun. Dari dia usia 4 tahun, kok sudah ada noda seperti keputihan dan sedikit berbau ya, walau tidak selalu (terkadang hanya karena klo dia kecapean atau kadang, bangun tidur)
Sewaktu kecil dia memang tidak disunat. Berpengaruh tidak ya keputihan itu. Dengan tidak disunat?

👨‍⚕dr. rosadi:

Enggak berhubungan.. keputihan bisa akibat infeksi pada vaginanya.

Secara medis tidak ada hubungan dengan tidak disunat. Tapi ada kemungkinan itu keadaan yang butuh perhatian medis. Ada baiknya dikonsultasikan dengan dokter.

📌penanya:

❓pertanyaan #2:

Siang dok, sy pernah dengar tentang sunat perempuan. Sy g tau ini mitos atau apa. Benarkah KLO wanita yg sudah disunat libido nya rendah. Dan sebaliknya wanita yg blm disunat libidonya tinggi? Bgmana Dr sisi kesehatannya?
Itu saja terimakasih.

👨🏻‍⚕dr. krisna:

ada beberapa penelitian yang membahas mengenai ini, ada yang menyebutkan memengaruhi kehidupan psikoseksual, ada pula yang tidak.
(pic menyusul)



📌penanya:

pertanyaan #1:

Bagaimana tentang pendapat yang mengatakan bahwa:


“Coba kalau kamu bayangkan mrs v yang disobek klitorisnya…  Pipisnya akan tuntas…

Lebih bersih.  Tidak bersisa urine di situ.”

👨‍⚕dr. rosadi:

Mungkin itu beda kasus yaa. Sunat pada perempuan itu gak ada sebenernya.. tidak ada yang disayat.. jadi gak ada hubungan antara disunat atau tidak dengan pipis lebih lancar.

Tapi ada kasus namanya synechia, dmana labia menyatu.. nah kasus yang ini yang harus disayat sehingga terbuka itu saluran kemih dan vaginanya. Sehingga anak bisa pipis dengan lancar dan dapat menstruasi secara teratur.

👨🏻‍⚕dr. krisna:

ada juga kasus Hiperplasia Adrenal Kongenital pada perempuan, dengan klitoromegali.

Pada kasus klitoromegali ini, mungkin diperlukan tindakan bedah, atas indikasi medis. Tapi bukan karena mengganggu proses berkemih. Demikian.

Hiperplasia Adrenal Kongenital itu kelainan bawaan, kalau mengenai perempuan, klitorisnya bisa membesar, sehingga menyerupai penis (klitoris yang ukurannya lebih besar dari normal untuk seusianya).

Nah pada keadaan begini, bisa dilakukan tindakan operasi pada klitorisnya, namun bukan karena mengganggu berkemih.

————————

Versi PDF yang aku buat Khitan Pada Anak Perempuan dan resume Kulwap Khitan Pada Batita Laki- laki klo ini disusun tim kulwap. Silahkan di klik judul resume diatas untuk mengunduh dan dibagikan jika perlu

Pelatihan Metode Tabarak Level 1 (Part 2)

Bismillahirohmanirohim 

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Kita mencatat ilmu agar tidak lupa, dan membaginya agar lebih berkah syukur-syukur jadi amal jariyah. 

Apa yang saya catat disini adalah penjelasan dari yang tercantum di selebaran yang diperbolehkan Syaikh Kamil untuk disebarkan.

Melanjutkan catatan sebelumnya. Di tulisan sebelumnya sudah dijelaskan di Al Qur’an seruan untuk membacakan Al Qur’an (QS Al Isra: 106) dan mempelajari Al Qur’an (QS Al Anfal: 24).

Sebenarnya jika diprosentase selama pelatihan penjelasan mengenai teknis memakan 30% dari keseluruhan waktu pelatihan sisanya mengenai pemahaman dasar-dasar seperti ini. Bagi saya ini tidak mengapa, seperti yang saya pelajari bersama komunitas HEbAT dimana mempelajari fondasi terkait pemahaman dasar kita tentang Islam dan Al Qur’an itu jauh lebih penting karena Al Qur’an ini lah yang nantinya akan menuntun kita sehingga perkara teknis tidak lagi membingungkan, insyaAllah.

Target
Dalam menghafal harus ada target. 
Ciri-ciri target
1. Target ini harus bersifat spesifik, terukur dan jelas. 
2. Dapat terukur dan realistis. Maksudnya sesuai dengan kemampuan kita sehingga bukan angan-angan yang tidak mungkin dicapai.
3. Terikat dengan waktu. Misal dalam 4 bulan sudah juz Amma. Atau seperti kata Syaikh Kamil kepada istrinya, “anak-anak harus hafal Al Qur’an sebelum masuk sekolah” karena sebelum mempelajari ilmu yang lain mereka harus sudah mempelajari Al Qur’an.
4. Menerima tambahan. Target yang ada ini untuk terus bertambah. Setelah menghafal Al Qur’an Syaikh Tabarak menambah bacaan qira’ah nya lalu hafalan Hadist dan bertambah terus targetnya. Karena itu adalah rezeki dari Allah.

Planning
Planning ini membantu kita merealisasikan target. Yang perlu diketahui dalam membuat Planning adalah
1. Bagaimana keadaan ku dulu
2. Bagaimana posisi kita sekarang
3. Apa yang ingin saya capai
4. Dengan apa saya bisa sampai pada target tersebut

Kemampuan menghafal Al Qur’an
1. Penglihatan. Hafal dan tau surata dan ayat berepa letaknya di halaman berapa.
2. Pendengaran. Hafal Al Qur’an dengan cara mendengarkan saja seperti kita hafal surat Al Fatihah yang berulang kali dibacakan.
3. Perasaan/ hati. Ketika tahu hikmah didalamnya biasanya dengan pemahaman

Semua orang memiliki kemampuan itu, namun berbeda usia berbeda pula kemampuan nya.

Pembagian usia menurut kemampuannya dalam menghafal dan memahami Al Qur’an
1. Dalam perut ibunya. Dengan pendengaran nya. 
2. Usia 0 – 7 tahun. Kemampuan yang besar dalam menghafal meskipun dia belum bisa berbicara. Salah satu contohnya dia bisa menghafal bau orang tuanya, suara orang tuanya. 
3. Usia 7 – 25 tahun. Kemampuan untuk menghafal dan memahami isi Al Qur’an sangat bagus. Maka pada usia ini dengan menghafal Al Qur’an pemahaman nya menjadi semakin luas. Ingat! Al Qur’an yang menuntun kita. 
4. Usia 25 – 40 tahun. Pada usia ini kurang lebih sama dengan kelompok usia sebelumnya. Pemahamannya semakin bertambah seiring dengan pengalaman yang bertambah. 
5. Usia 40 tahun keatas. Kemampuan menghafal mulai menurun dan  pemahaman bertambah.

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang berusia sudah diatas 40 tahun tapi ingin menghafal Al Qur’an? Apakah percuma? 
Yang perlu kita lakukan adalah bersungguh-sungguh, merelakan waktu, uang, dan segala tenaga dalam menghafal Al Qur’an. Allah tidak memberikan ganjaran atas apa yang kita capai tapi apa yang kita usahakan. Karena capaian itu adalah kehendak Allah.

Selanjutnya Syaikh Kamil menjelaskan tentang Prioritas Kerja. Dimana penjelasan ini makan waktu cukup lama. Seluruh peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan diminta untuk mengelompokkan pekerjaan yang termasuk kelompok penting dan mendesak, penting dan tidak mendesak, tidak penting tapi mendesak, tidak penting tidak mendesak. Kami diminta untuk menjelaskan satu persatu dan Syaikh menjelaskan satu persatu lengkap dengan riwayat dalam Al Qur’an dan Al hadist. Sampai sekarang setiap mau melakukan suatu hal terngiang-ngiang diotakku, ini penting nggak ya? Mendesak nggak ya? Klo nggak penting, nggak mendesak, tinggalkan!

InsyaAllah ditulisan berikutnya apa saja contoh-contoh pekerjaan beserta penjelasan dari Syaikh Kamil. 

Daftar Rumah Tahfidz Di Seluruh Indonesia

🏡 Data Lembaga Tahfidh Quran yang menggunakan metode TABARAK :


*No.  Lembaga – Alamat – Nama & Tlp Contact Person*


*SIDOARJO*


*Markaz Al Firdaus 1*

 Perum Taman candiloka blok H1 no 11 

Sidoarjo

Ida Husnur Rahmawati 081230113978


*Markaz al firdaus 2*

Perum Taman Candiloka blok H1 no 2 Candi Sidoarjo Jawa Timur



*SURABAYA*


*Rumah Quran Al-Uswah (RQU)*

jalan Jagiran I-8 Surabaya

Komari 085236447744


*RUTABA Athfaluna 1*

 surabaya nginden jaya 1 no 35 telp Nurul 08563118552, 


*RUTABA Athfaluna 2*

 jl pagesangan IIIB gang langgar no 9.   Telp 087853433257                                                                     .                                                                                                     RUTABA Athfaaluna 3.                                  Jl Kedung Pengkol Wetan no 8 sby telp 085755165466


*Rumah tahfid Daarul jannah*

ketintang Telkom Divre 5 /Sutarmi 085100503435


*RUMAH TAHFID ROUDHOTUL ILMI*

JETIS KULON 8 NO 19 b Sby


*Rumah AlQur’an MAHMUDA*

 jl.Bubutan 6/19 Sby

Kartikasari FM 083854700377


*PPTQkids Darul Qur’an  surabaya*

Jl.Tenggilis mejoyo KG 1_2 

0318480456



*MALANG*


*MATABA , Ponpes Daarul Ukkhuwwah* Malang

ustadzah Harini 081334333628


*Raudhatul Qur’an*

 Jl. Arumba Malang,

ustadzah Maya 081333873008


*Rumah Tahfidz Balita dan Anak (Rutaba) Insan Mulia Sukun*

Jl. Keben II. Blok A/8 Malang, 

0813 3006 8005 / 082139507508 


*RuTaBa*

 Oma view GK no 28 Cemorokandang, Kec KEDUNGKANDANG, kota Malang

ust Taufiq Ibadi 085954552211


*Rutaba*

 Brillian Grand Soeroso 2 Merjosari Malang Jawa Timur T.Indra.G.085204872032


*RUTABA al Utrujah*

KARANGPLOSO, MALANG, Ustad Azizi


*RUTABA*

 de Casablanca C2 No 17, Cemorokandang, kota MALANG, Ustad Farih Rahman Lc


*RUTABA Sawojajar*

 jl danau laut Tawar, kota MALANG, Ustadzah Sofi


*AsA Kids*

 malang perum puncak dieng eksklusif ff 12 a, telp 085704444655


*RUTABA BUMIAYU*

 jl Junggul, perum pondok Indah Bumiayu Blok A7

Ustadz Agus Handoko 081237416473


*Raqaba Al Fattah*

Perum Nadia Residence kota Batu, berliana, 081335363356



*KEDIRI*


*MARKAZ TALAQQI Sahabat Al-Qur`an*

 Perum Permata Biru Blok M No. 12 Pakunden Pesantren Kota Kediri, ustadzah Irma 0821.1974.3818


*Rumah Qur`an At Tashdiq*

Jl. Cempaka No.1, Tambakrejo, Gurah.

Lilik Puji R, 0822 4530 1798


*Daarulhikmah Elfath*

manisrenggo kota kediri~081 332 879 252



*TULUNGAGUNG*


*TAMAN TAHFIDH ALQUR’AN (TAMANQU)* Ds Ngunggagahan, Kec Bandung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. 

Rohmat Zaini 081334173712



*PAMEKASAN*


*Lembaga Griya qur’an Bunga Syurga Pamekasan*

Jl kh agus salim 76 pamekasan madura jatim 

087701739678-082232337137



*JOMBANG*


*Taman Tahfidz Anak Usia Dini(TAUD) Al Hanif*

 jalan Jawa no 51 Jombang. 085735110357


*RUTABA Ummul Quro*

 sambisari, ceweng,  diwek Jombang, JATIM, CP 08563604809 (Ahmad Syakur) 



*GRESIK*


*Mataba Al-Furqon*

Jl. H. Syukur Rt. 15 Rw. 005 Ds. Petung Panceng Gresik

Taj Nashr  085773884327



*BALI*


*KTQ*

 – KTQ 1 : jl. Gunung Talang I no.12 denpasar

KTQ 2 : Jl. Tukad Yeh Ho V No. 3A denpasar 

u. Ani dan u. Oktan  (0821 4795 0710)


*Taman Qur’an Firdaus , Qur’an for kids*

Jembrana Bali

ust Mahmudi 081338339971



*MATARAM*


*ltq eltartiil cahaya ummat*

jempong,mataram/holilah/081339683459



*YOGYAKARTA*


*Rumah Qur’an Gemilang / Rutaba Gemilang*

Perum Sleman Permai 1 blok j.11 rt.09 rw.40 pangukan tridadi kec.sleman kab.sleman diy – 

Tevri Dwi Putro/085228851677



*SURAKARTA*


*Rumah quran Haramain*

 ngoresan rt 3/18 jebres surakarta 57126. Hp 085647592744 ( 2 cabang )



*SEMARANG*


*MARKAZ TAQIBA(RUFIZ PERMATA INDAH)*

 Perum Permata jln. Burangrang III No.46 Jangli Tembalang Semarang 

(Abu Syaimaa’ 081335279065)



*SUMEDANG*


*Yayasan Dakwah Qur’an / RUTABA*

DQ_Jatinangor,Sumedang_Ust Ismail 0852-9475-5456



*KARAWANG*


markaz hanan blm masuk ustadzah.


*MARKAZ HANAN*

Tahfidz balita dan Anak

jln KH Ahmad dahlan, Kaum 1

Gang Jajawai no 27 alun-alun karawang barat, jawa barat. 

SUNARIO Lc (085706201238)


*MAKASAR*


*RQ HafizHafizah*

 Bukit Hartakp Indah Blok 1h/33a daya Makassar

Ustadz drg. Syafaat/Uztadzah Nur Awaliah Yusran, 085399044291 


*RUTABA RQ SAVATY*

 Jln Ap. Petterani Komp idi G8/22 Makassar # Bunda Ulfa 082301362142



*SUMATRA BARAT*


*Rumah Quran Ibadurrahman*

 Payakumbuh -Sumbar

HP. 082172924988


*Tahfidz Center Darul Hufadz*

Jl. Batang Sinamar No 1. Padang Baru Timur Padang Sumbar

HP.  081270626405


*RIAU*


*RUTAB IBS RIAU*

Jl.pesntren rt.03 rw.04 ds.kubang jaya kec.siak hulu kab.kampar Riau



*KALIMANTAN*


*Markaz Quran Khairu Ummah*

Jln durian 3 perumahan berau indah blok C10/1 Berau-Kaltim 

081272050011/08115969104

Pelatihan Metode Tabarak Level 1 (Part 1)

Bismillahirohmanirohim 

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Kita mencatat ilmu agar tidak lupa, dan membaginya agar lebih berkah syukur-syukur jadi amal jariyah. 
Apa yang saya catat disini adalah penjelasan dari yang tercantum di selebaran yang diperbolehkan Syaikh Kamil untuk disebarkan.

Diawal pelatihan kami diberikan handout slide dan selebaran dari Syaikh Kamil. Setiap akan memulai halaqoh, Syaikh mengajak kita membaca Al Fatihah dengan cara talaqi dari Syaikh. Ini untuk halaqoh dengan Syaikh Kamil, baik di kelas pelatihan maupun di Masjid Al Akbar. Dan ini juga diterapkan disemua halaqoh tahfidz dengan metode Tabarok.

Salah satu koreksi beliau saat di kelas saya adalah bacaan Ro, bibir tidak maju jika masih maju maka bacaan kurang tepat. Ini adalah kesalahan yang umumnya terjadi. Makhrojul huruf ini penting diperhatikan. 
Dari sini saya jadi paham mengapa cara mengajarkan Al Qur’an yang utama adalah dengan cara talaqi dari orang baik bacaan. Namun yang ada sekarang kebanyakan guru hanya mengajari sebentar selanjutnya murid-murid diminta membaca bukunya sendiri. Yang ini berlaku untuk segala macam ilmu pengetahuan.

QS Al-‘Isrā’:106 – Dan Al Quran itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian.

Dari ayat diatas jelas darimana perintah talaqi itu ya…

QS An-Naĥl:78 – Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.

Dari ayat diatas kita bisa tahu mengapa metode talaqi ini cocok untuk balita. Saat kita men-talaqi anak-anak mereka menggunakan pendengaran mereka untuk merekam bacaan kita baca dan menggunakan penglihatan mereka untuk memperhatikan mulut kita, cara kita membaca. Kemudian menggunakan hati, Syaikh Kamil menjelaskan, saat di Masjid Al Akbar, ketika kita mempelajari Al Qur’an kita tidak lagi menjadi subjek tapi objek belajar. Al Qur’an yang menuntun kita. Maka jangan bingung atau gelisah ketika diawala kelas menghafal Al Qur’an ada murid yang belum berperilaku, berpenampilan sesuai dengan tuntunan karena insyaAllah hidayah itu datang sejalan mereka mempelajari Al Qur’an.

Slogan dari metode Tabarak adalah “dengan Al Qur’an hidup pasti indah, baik dan bahagia” Syaikh Kamil menjelaskan slogan ini di dapat dari Al Qur’an dan Hadist.

QS Al-‘Anfāl:24 – Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nya-lah kamu akan dikumpulkan.

Seruan yang dimaksud disini adalah seruan mempelajari Al Qur’an.

Ini selengkapnya selebaran dari Syaikh Kamil.