Pelaksanaan Kopdar HEbAT Community Surabaya Raya

Ahad, 23 Juli 2017

Kopdar HEbAT Community Surabaya Raya di Gedung BPPNFI, Surabaya

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an secara hafalan oleh putri Bunda Tina yang sudah menghafal 5 juz daei Al Qur’an. Pembukaan oleh ketua panitia acara kopdar Bapak Yasser kemudian dilanjutkan pengenalan HEbAT Community Surabaya Raya oleh ketua HEbAT Surabaya Raya, Bapak Nur Yahya. Aku pun baru tahu ketuanya Pak Yahya hahaha

Pak Yasser, Ketua Panitia Kopdar

Bapak Nur Yahya, Ketua HEbAT Community Surabaya Raya

Pengurus Pusat HEbAT Community Pusat

Visi HEbAT Community

Kegiatan HEbAT Community

Dokumentasi kegiatan HEbAT Community

Pengurus HEbAT Community Surabaya Raya

Dijelaskan siapa saja pengurus HEbAT Community Surabaya Raya dan apa saja kegiatannya. Klo yang ini aku nggak ikut full lagi ngejar anak keliling gedung. 
Intinya kegiatan HEbAT Community ada belajar online dan offline ada juga CBE, Community Based Education, sarana offline tiap daerah, bisa dijadikan sarana belajar Home Education ataupun sarana bertemu maestro. Saling memberi ruang untuk belajar. Kenapa bisa seperti itu? Ilallah, karena Allah kami bergerak. 

Selanjutnya pemaparan dari Nara sumber kami Ibu Deasy, yang menyempatkan diri berbagi disela-sela agenda mudiknya. Nggak tahu kenapa ya aku klo ketemu inspirator suka grogi, langsung nggak tahu mau ngomong, padahal banyak kesempatan ngobrol huaaa.

Pada intinya beliau menjelaskan bahwa memulai home Education ini tidaklah sulit kita hanya perlu memberikan ruang untang anak-anak untuk berkreasi. Lebih bersabar menghadapi kreatifitas mereka. Beliau pernah bercerita bagaimana anak2 nya pernah jatuh dan bangun kembali lagi berkreatifitas lagi. Dan semu itu memberikan hasil yang bagus berupa berkembangnya fitrah mereka. 

Selain itu para orang tua perlu memahami bahwa anak-anak yang dititipkan pada kita adalah spesial lengkap dengan fitrah kita, dan kita sebagai orang tuanya juga memiliki fitrah yang siap untuk mendidik mereka. Tinggal kita mengembangkan fitrah itu seiring membersamai anak-anak.

Bunda Deasy ini pembawaan nya sabar dan ramah, sama dengan Ayah bunda lainnya yang hadir. Menjalani Home Education membuat kita lebih rileks dan optimis efeknya kita nampak sebagai pribadi yang lebih rileks dan selalu optimis. 

Bunda Deasy, nara sumber

Selanjutnya adalah penampilan member HEbAT Community Surabaya Raya yang memiliki kemampuan lebih dalam bidang menciptakan lagu anak-anak. Anak-anak yang tadinya berada di ruang kids corner diajak masuk kedalam ruang seminar dan bernyanyi bersama. Lagu ciptaan Bunda Upik yang sebelumnya sudah pernah di share di grup WhatsApp sehingga anak-anak member HEbAT Community Surabaya Raya sudah hafal. 
Semoga bunda Upik bisa rekaman dan menyebarkan lagu anak-anak yang bagus dan mendidik yang beliau ciptakan. Aku sudah rinduuuu sekali lagu anak-anak yang baru. Selanjutnya untuk pertama kali seluruh member menyanyikan Swing HEbAT Community ciptaan bunda Upik. 

Selanjutnya seluruh peserta praktek langsung menuliskan potensi anak di kertas Manila besar dengan kertas lipat warna warni. Disini kita tidak hanya diakui tapi juga praktek membuat portfolio anak, merekam aktivitas mereka selama kita membersamai mereka. Sambil tanya jawab dengan Bunda Deasy. 

Beberapa peserta yang sudah selesai menuliskan membacakan hasil tulisannya dan sharing hasil membersamai anak-anak mereka. Salah satu yang berkesan adalah ketika ada member yang bercerita anaknya suka sekali memaksa orang tuanya sholat subuh di masjid secara berjamaah diusianya yang masih dini. Ketika fitrah keimanan yang berkembang dengan baik maka beginilah hasilnya. 

Bunda Deasy juga menjelaskan mudahnya membuat portfolio anak. Beliau menggunakan buku notes saja. Tentu ada beberapa keluarga yang suka mencatat secara online, itupun tidak masalah, yang penting mulai mencatat dan terus mencatat perkembangan anak. 
Acara terakhir adalah halal bihalal, kami bersalaman, ibu-ibu dan bapak-bapak dengan barisan yang berbeda, lalu foto bersama dan makan tumpeng bersama ibu-ibu dan bapak-bapak dengan kelompok tumpengan yang berbeda juga. 
Diluar ruangan utama ada kids corner yang kuas dan ramai dengan berbagai macam mainan anak-anak yang dibawa sendiri. Ditambah game yang sudah disediakan tim KC. Aku melihat bagaimana orang-orang yang paham bagaimana menjaga hati anak-anak, tidak ada nampak lelah apalagi kesal mendampingi anak-anak yang bukan anak-anak mereka dan tanpa bayaran selain harapan besar dengan peradaban yang lebih baik.

Aktivitas anak-anak di kids corner

Aktivitas anak-anak di kids corner

Alhamduliah kami berkesempatan jadi panitia. Jadi kami lihat bagaimana kerja oanitia dibakik layar. Saling menyokong, mendukung, suport, tidak ada saling menyalahkan, semua gercep.

InsyaAllah selanjutnya panitia akan dapat kesempatan belajar secara online dengan Bunda Deasy, karena panitia sibuk sendiri kemaren. 

Dalam acara kopdar seluruh yang hadir menyanyikan Swing HEbAT Community ciptaan Bunda Upik. Klik link dibawah.

Swing HEbAT Community 

2 thoughts on “Pelaksanaan Kopdar HEbAT Community Surabaya Raya

Leave a comment