Bahasa Kasih

​Resume Kulwap Minggu Ke-2

Belajar HE

Tema : Bahasa Kasih

Nara Sumber : Bunda Umi Sholihah

Untuk materi bahasa kasih bisa diunduh disini

materi bahasa kasih
Dan untuk mempraktekkan bahasa kasih bersama pasangan sambil minum teh hangat bisa klik link dibawah ini

kuis bahasa kasih
Umi Sholihah: Ada 5 Tipe Bahasa Kasih antara lain;

1.  Kata Pendukung

2. Waktu Berkualitas

3. Pelayanan

4. Menerima Hadiah

5. Sentuhan Fisik
_Bahasa kasih merupakan cara seseorang mengekspresikan & menerima rasa cinta ataupun perhatian dari dan kepada orang lain._
Setiap orang mempunyai kebutuhan emosional utk dihargai, diakui & diperhatikan. Dalam konteks bahasa kasih ini disebut tangki kasih.

Bila tangki kasih seseorang penuh, maka ia menjadi positif & siap memunculkan potensi terbaik dlm dirinya, sebaliknya bila ia kosong maka seringnya relasi antara pasangan mjd kurang harmonis
Liyadewi: Bunda kmren smpet diskusi kn kita g bisa merubah dri mnjdi yg seperti pasangan mau, klo konteks nya bhasa kasih pasangan.

Nah brarti ap c tujuan dri memahami bhasa kasih dan menyikapinya?
Umi Sholihah: Setiap orang punya bahasa kasih yang dominan, pasangan suami istri boleh jadi punya bahasa kasih dominan yg sama, tapi boleh jadi berbeda. Permasalahannya ketika seorang suami bahasa kasihnya *pelayanan* misalnya, dia cenderung mengungkapkan rasa kasihnya terhadap istri dgn cara melayani (contohnya membantu pekerjaan rumah tangga, membuatkan minum, memijit dll) & ia pun cenderung berharap istrinya melakukan hal yg sama pula terhadap dirinya, dgn begitu baru ia merasa dicintai.
Kadang mungkin suami sudah banyak melakukan banyak hal terhadap kita, seperti memberi hadiah, membantu pekerjaan kita, sering mencium kening, sering memuji, namun ia sangat sibuk sehingga tidak ada waktu utk sekedar ngobrol intens atau meluangkan waktu berdua saja, sehingga tetap saja kita merasa tdk mendapat kasih sayang dr suami. Tangki kasih tidak terpenuhi secara maksimal.
Liyadewi: Nah tu gmn bunda πŸ€”
Umi Sholihah: Disinilah pentingnya memahami bahasa kasih diri sendiri  & pasangan, kita bisa secara efektif memenuhi kebutuhan emosionalnya.βœ…
Liyadewi: Klo msih dgn krkter sndri2, susah emg mrubh kebiasaan
Umi Sholihah: Bicara bahasa kasih adalah bicara tentang kesediaan untuk memberi..
Analoginya begini bund..

Misal saya orang indonesia, hanya mengerti bahasa indonesia.

Sedangkan suami orang inggris misalnya; hanya bisa mengerti  bahasa inggris.

Nah, supaya saya merasa benar2 dicintai, suami saya harus belajar mengatakan ‘aku cinta padamu’.

Demikian pula saya, harus belajar mengatakan ‘I love You’ kepada suami agar ia paham.
Klo masing2 kita keukeuh hanya bicara dalam bhs yg kita mengerti maka maksud tdk akan bisa ditangkap dgn baik. Biarpun sehari 100x saya katakan ‘aku cinta padamu’ suami tetep kalem.. ga ngerti soalnya..πŸ˜…
Liyadewi: Wew berat juga ya πŸ˜…
Umi Sholihah: Nggak bund..

Let it flow aja..😊

Pake hati ❀

[10/3 14.00] Umi Sholihah: Kita nyantai aja ya, saya ditaro aja disini kira2 seminggu biar ada kesempatan yg lain mencerna gitu..😁

Waktu online orang beda2..palagi emak2.. parebut hape ma anak2 πŸ˜…
Liyadewi: Ok lanjut Bun,

Klo untuk bahasa kasih anak ney gmn Bun?
Umi Sholihah: Untuk anak2 juga bisa diterapkan bahasa kasih ini..

Sama saja seperti orang dewasa, hanya saja bentuknya mgkn disesuaikan

1. Memberi Waktu berkualitas misal dgn menemani mereka jalan2, ngobrol berdua, membacakan dongeng sambil dipangku dll

2. Memberi Pelayanan diwujudkan misal diwujudkan dgn sesekali membuatkan makanan kesukaannya, membantunya mengerjakan PR dll

3. Memberi kata pendukung misal dgn memuji saat dia melakukan hal baik, memberi motivasi saat ia tdk percaya diri dll

4. Jika bahasa kasihnya menerima hadiah sdh jelas ya..

Berikan ia sesuatu sbg hadiah tidak perlu harus mahal. Hadiah jug bisa berwujud kehadiran di saat2 spesial dlm hidupnya; misalnya saat ia tampil di acara2 sekolah.

5. Memberi Sentuhan fisik  bisa berwujud mengelus kepala, memberi pelukan, memegang tangannya dll.
Liyadewi: Anakku sukanya peluk2 ini berarti Bahasa kasihnya sentuhan ya Bun?
Umi Sholihah: Bisa jadi bund..

Karena klo anak2 ga mgkn kita suruh isi kuesioner ya..😁

Cara mudah utk mengetahui bahasa kasihnya ya dgn melihat gimana dia mengekspresikan sayang ke orang lain.

Seperti anaknya bund Liya tsb.
Umi Sholihah: Klo yg bhs kasihnya menerima hadiah ciri khasnya baik org dewasa maupun anak adalah tetap menganggap pemberian itu berharga walaupun hanya sehelai bulu; ia akan menjaganya baik2, dikasih tempat khusus utk hadiah2 yg dia terima, dan ia ingat diberi hadiah kapan, oleh siapa & dlm rangka apa..
Liyadewi: Dan buat yg bahasa kasihnya pelayanan, ini liatnya gmn ya Bun? Soalnya kan ank kecil sukanya minta tolong
Dan batasannya sama manja gmn?
Umi Sholihah: Ini yg harus kita jeli & mengontrol diri.

Pelayanan bkn berarti selalu kita bantu. Tapi lebih pada berupa pemberian melalui perbuatan. Melakukan satu hal yg sifatnya meringankan bkn mengambil alih.
Umi Sholihah: Misalnya pada kondisi biasa, anak bisa ngambil minum sendiri..

Suatu saat ia kelelahan baru pulang dari camping, boleh lah kita ambilin minum..😊
Liyadewi: Artinya g harus selalu bahasa kasih ini kita lakukan ya Bun
Tapi penting untuk diperhatikan
Misal balik lagi k malah pasangan, klo bhasa kasih pasangan adalah mwmberi pelayanan g harus tiap hari juga kita lakukan, karna g kita bgt ney, tapi sesekali bisa kita lakukan
Betul gitu ato gmn Bun?
Umi Sholihah: Bahasa kasih ini dialeknya macem2..

Klo ke pasangan tinggal kita tanya aja;

” ayah paling suka pelayanan dlm bentuk apa?”

Misal dia jawab “dibikinin minum pas pulang kerja”, maka masukkan dlm ceklist untuk tdk lupa kita lakukan. Tujuannya supaya tangki kasihnya terjaga jangan sampai kosong. Nanti insyaAllah mood beliau lebih baik, lebih adem menerima ‘laporan’ harian kita πŸ˜…
Rita: πŸ™‹

Bunda nanya, 

Anakku itu, kalo lg nangis atw ngambek, perlu dipuji2 diajak bicara yg lembut bgt, berarrti bahasa kasihnya kata pendukung y? 

Nah,kalo pas sama aq dianya gampang diatasi, nah ada kalanya pas saya lg riweh masak atw ngapain dan harus suami yg mengamankan si baby, karena papanya emg tipikal yg cenderung cuek dan gk pandai berkata2 manis,pas si anak nangis, malah jdinya malah tambah seru nangisnya, gmn cara biar papanya mw ngerti juga ya, soalnya tiap aq jelasin kalo si anak ini pengennya diginiin, diginiin, papanya jawabnya selalu “hmm sama aja” 

πŸ˜“πŸ˜“
 Umi Sholihah: Yg perlu diperhatikan, bahasa kasih ini dinamis, bisa berubah seiring waktu..

Jadi komunikasi itu penting antarpasangan.
Nah, ini papanya dipenuhi dulu tangki kasihnya, baru diajak ngobrol soal trik komunikasi ke si kecil 😊

Percaya deh bund, klo tangki kasih penuh bliau lebih jinak πŸ˜…
Rita: PR nih,, perlu lbh ngerti bahasa si papa dlu,, πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
Ini, bahasa kasih si papa dinamis nih,,, susah ditebak
Umi Sholihah: Kadang setelah kita ikut kajian parenting, kita berapi2 utk menyampaikan ke suami tanpa lihat pre-kondisi, jadinya mental deh…

Yg ada kita jadi beteπŸ˜…
Rita: Kayaknya emg gini ini yg terjadi padaku bun,, πŸ˜“πŸ˜“
Umi Sholihah: Tapi perubahannya ga secepat kilat kok bund..

Biasa dipengaruhi oleh kondisi2 tertentu

Dulu sebelum paham bahasa kasih, saya heran; kok ada ya suami yg mau brbuat sedemikian rupa ke istri, bak ratu..

Kesini2 saya jadi paham, karena udah keambil hatinya; 

Jadi bahasa kasih itu sederhananya juga “ilmu mengambil hati” 😊
Dalam bahasa Home Education bahasa kasih adalah bagian dari langkah *inside out* alias memunculkan sesuatu dr dlm diri bkn memaksakan kehendak.
Ririn Aisyah HE: πŸ™‹πŸ»

Mau tanya bun kalau kita mengajari dan mengontrol anak, tapi ada ibu atau nenek yang menyela dan akhirnya anak jadi manja bagaimana  cara mengkomunikasikan dengan ibu dengan cara yang halus, karena hampir semua tugas anak digantikan dan dibantu oleh nenek nya bahkan sebelum membantu
Umi Sholihah: Jadi alurnya begini bund..

1. Pahami bahwa nenek itu pasti sayang ke cucu & bliau juga manusia yg punya lebutuhan emosional seperti kita org muda

2. Pahami apa bahasa kasih beliau, artinya kita berempati lalu kita berusaha mengisi tangki kasihnya dgn cara itu

3. Bicarakan dgn tutur yg lemah lembut sebagaimana dicontohkan oleh rasulullah. Andaikan bliau menyangkal, kita bantah dgn cara yg baik.

4. Tetap bangun komunikasi yg intens dgn bliau & tetap selalu didoakan.
Pengalaman saya dgn ibu saya membuktikan; perbuatan baik yg tulus  thd orangtua itu bicara lebih lantang daripada kata2 lisan.
Motivasi yang bertahan lama bagi seseorang untuk melakukan sesuatu adalah motivasi dari dalam dirinya sendiri, bkn dari luar dirinya.

Ketika seseorang terbuka hatinya, tak ada satupun yg menghalanginya utk berbuat baik, tidak pun aral yg melintang.

Nah, bahasa kasih ini mendorong munculnya motivasi dr dalam diri seseorang. Ketika seseorang sdh tersentuh hatinya, ia sanggup mendengar, sanggup memahami, sanggup melakukan
Icha Gresik HE: Hm, kadang ingin ikut on pas diskusi tapi seringnya masih belum bisa. Semoga next bisa ikutan jadi bisa diskusi
Kalo saya, agak bermasalah dengan anak saya yang terlalu menurut, plek ketiplek ikut saya. Karena saya terbiasa apa” rapi, dia ikut. Jadi habis nulis” misalnya dia selalu ingat untuk tutup bulpen dulu sebelum pergi. Habis mandi, beresin peralatan mandi. Bagus sih, saya senang sekali ngga terlalu banyak beres”, palingan capek kejar” dia kalo lagi main di luar aja. Tapi saya ngga mau juga kalo dia jadi fotokopi saya. Saya tidak sempurna, saya mau dia ada khas bapaknya juga, yang pemberani, suka aktifitas di luar, suka bersosialisasi dsb. Nah kan masalahnya hampir 24jam anak nempel saya, suami kerja, di rumah pun kalo main sama anak ya di rumah aja, bercanda, tidak melakukan aktifitas yang berarti, karena mungkin capek kerja. Sesungguhnya saya ingin suami bisa menurunkan kelebihan”nya  ke anak. Biar anak ngga plek persis saya, gimana ya. Salah ngga sih kayak gini, anak nurut kayak ngga bersyukur malah mau yg lain” πŸ€¦πŸΌβ€β™€
Afifah Sidoarjo HE: waah jadi tersadar pentingnya bahasa kasih
berasa plakk selama ini saya kejemm dan bengis suka maksaa
maksa bobok 

maksa beresin mainan  
harus memunculkan bahasa kasihπŸ’•
Terima kasih diskusinya bunda Umi shalihah
anak ke2 saya kayak anaknya mbak liya sukaa peluk2 pangku gendong nempellll dia keliatan nyaman dan sok imut pas adegan itu hihi
kakaknya sukaa bgt kalo dibelikan susu, iqro’, dikasih baju ama kakak2 sepupunya meski preloved hehe 

diinget2 teruss ini baju dikasih siapa.. pernah dibelikan susu siapa 

kalo dipeluk cium ngefek sih tapi ya biasa aja hehe
ikut curhat😜
bun icha…

anak2 dua2nya nempell ama saya

tapi tetep karakter mereka bedaa
kakaknya plek saya.. 

adeknya abinya plek.. nurut.. kalem.. baek.. lebih kerap ngalah.. 
wallahu a’lam..
kita tunggu jawaban ahlinya ibu2 pemateri hehe ga ngebantu yaa
Umi Sholihah: Saya percaya seorang anak itu terdiri dari benih bapak & ibunya. Ibarat benih, mungkin yang sudah tumbuh adalah benih dari ibunya, sedangkan benih dari bapaknya mungkin belum tumbuh karena beberapa hal:

1. Memang belum waktunya tumbuh

2. Belum dilakukan usaha utk menumbuhkan (disirami)

Yang perlu orangtua lakukan adalah menciptakan situasi yg mendukung benih2 potensi baik dari ayah maupun ibunya utk tumbuh (menumbuhkan fitrahnya)

Untuk ayah yg sibuk, seperti yg disampaikan ust. Adriano,  perlu diperhatikan bahwa sblm anak kita baligh prioritas kita adalah pendidikan anak, bkn kesejahteraan; karena anak juga perlu dibesarkan & dididik dgn kesulitan2.

Usahakan ayah ada di waktu2 krusial seperti saat anak bangun tidur, sarapan, menjelang tidur dan sebisa mungkin terlibat dlm rutinitas rumahtangga, meskipun kuantitas & kualitas sama2 sangatlah penting.

Bermain & membersamai anak itu sudah bagus πŸ‘ Keseimbangan figur ayah & ibu sangat berpengaruh bagi tumbuhnya fitrah anak. 😊

Mari berkhusnudzon & mensyukuri nikmat Allah. Seorang anak tidak boleh dibesarkan dlm kecemasan ibunya. Be happy ❀
Dwi Retno Wulandari: Seorang anak tidak boleh dibesarkan dalam kecemasan ibunyaπŸ‘πŸ‘πŸ‘
Icha Gresik HE: Menyegarkan banget tulisannya. Makasih ya bun tanggapannya.
Mendidik dengan kesulitan itu bagaimana ya contohnya?
Liyadewi: Mendidik dengan kesulitan mksdnya kondisinya nggak ideal 

Misal tanpa ART jadi dia harus ikut membantu ortu mengerjakan pekerjaan rumah
Rita DEK: Mendidik dg kesulitan: bangun pagiπŸ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s