Contoh dan Free Ebook Portfolio Anak

Di tulisan sebelumnya sudah saya dijelaskan bagaimana cara menyusun portfolio plan dan portfolio anak. Sekarang supaya ada gambaran lebih jelasnya saya cantumkan hasil belajar saya dan suami dalam menyusun portofolio plan anak. Disini kami menggunakan  powerpoint sebagai alat untuk menyusunnya. Teman-teman bisa pakai software lain atau bahkan tulis tangan. Cuma karena tulisan saya lebih ke arah seni abstrak jadi saya prefer ketik saja ya hehe.

Perlu diketahui bahwa portfolio plan ini sifatnya fleksibel sehingga bisa diubah-ubah sesuai dengan perkembangan anak. Hal yang tetap adalah philosophy statement keluarga kita. 

Pertama adalah contoh philosophy statement

Ini kami susun saat workshop berlangsung. Saya buat sendiri dan suami buat sendiri lalu saya jadikan satu sebagai rangkumannya. 

Selanjutnya profil anak

Buat julukan yang baik sebagaiman Rasulullah mengajarkan kita. Jadi didalamnya ada pengalaman di masa lalu yang membuat anak merasa hebat dan hal yang perlu diperbaiki. 

Lalu ke yang ini portfolio plan Azzam 

Setelah kita buat susunannya rencananya lalu kita buat portfolio anak.

Simpel banget kan. Ternyata menyusun portfolio seperti ini tidak hanya sebagai refleksi anak tapi juga orang tua. Kita jadi tahu apa yang dibutuhkan anak dan sebagai fasilitator anak kita berusaha untuk mencukupi dengan misalnya belajar. Ambil kelas tambahan seperti yang sedang saya ambil sekarang di Rumah Inspirasi. 

Seperti layaknya berjalan untuk mencapai suatu tujuan, ketika kita memegang petanya maka kita berjalan lebih tenang dan terarah. Itulah fungsi portfolio plan ini bagi kami.

Untuk yang merasa masih kesulitan membuatnya mbak Anita dengan baik membagikan ebook portfolio anak kepada kita semua yang bisa di unduh disini. ebook ini bagus sekali menurut saya karena diawali dengan tahapan melayakkan diri untuk orang tua.

bit.ly/portofolioanakebook

Tapi bagaimana pun membuat sendiri itu lebih berkesan dan lebih melekat diotak.

Selamat membersamai anak. 

Leave a Reply

