Mengenali Otak, Belajar Beremosi

Assalamualaikum semua…alhamdulilah kemaren bisa diskusi lagi bareng emak-emak kece kali ini belajar memahami fungsi otak sehingga bisa mengontrol emosi kita. Diskusi dibuka dengan materi yang ditulis oleh nara sumber kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab.
Sebelum baca resume diskusi seperti perlu baca materi dari nara sumber dulu ya…Berikut ini resume materi yang ditulis oleh nara sumber.
***********
#Belajar Beremosi
#Kenali Otak

Ani Khairani,  M.Psi,  Psikolog

Ada 3 besar bagian otak di kepala kita😇

🐴 Otak kuda/mamalian brain/sistem limbik adl otak yg mngatur emosi (marah, sedih, cemburu, cinta, dll), memory dan sosialisasi,
🔹otak ini sdh matang scr anatomi semenjak lahir.
🔹dilatih terus pd usia 0-3 thn, shg bisa membedakan dan mengenali emosi
🔹jika mau jd pemimpin dan org hebat, anak hrs lulus dlm hal kematangan emosi ketika usia 7th, shg dia sdh terbiasa brespon tepat pd situasi dan kondisi yg tepat.
🔹menjadi masalah besar ketika sampai usia 21 thn belum mencapai kematangan emosi, akan tampil sbg org dewasa tdk matang dan tdk bijak.
🔹terapi untuk mengasah dan memperbaiki otak emosi ini adl salah satunya dg berkuda.
🔹perempuan mempunyai ukuran otak kuda ini lbh besar dari laki2, krn itu banyak perempuan yg mendahulukan perasaan, senang bergosip, dll

🐊Otak reptilia/otak buaya bagian otak yg paling primitif, otak yg bfungsi mengatur lapar haus, bernafas, kekuasaan, reproduksi, seksual. Fungsi2 dasar mahluk hidup .
🔹kenapa disebut buaya?  Analoginya adalah buaya itu disenggol sedikit, nyaplok.
🔹agresifitas, kekerasan dan keinginan yg tidak dikontrol ada disini.
🔹ketika kita mngaktifkan otak ini terus menerus, bs jadi pertengkaran suami istri, perkelahian antar tetangga dan bahkan perang.
🔹pd laki2 otak buayanya berukuran lbh besar drpd otak kudanya.

👳🏻Otak manusia/neokorteks meliputi fungsi, pemahaman nilai, logika rasional, pengambilan keputusan.
🔹Kedua otak yg sy sebut pertama hrs dikendalikan sempurna oleh otak manusianya.
🔹Otak manusia adl direktur bagi keseluruhan fungsi otak yg lain
🔹jadi bolehkan kita beremosi? boleh pasti… tp emosi yg sadar.
🔹upayakan sgala aktivitas kehidupan, segala bentuk reaksi dan respon kita thdp masalah yg datang kita sikapi dg mengaktifkan juga otak manusia yg kita miliki.
🔹bagaimana beremosi yg sadar? Caranya adalah JANGAN REAKTIF! beri jeda sepersekian detik bagi diri kita untuk brpikir sejenak atas reaksi apa yg mau kita lakukan saat itu.
🔹agar otak manusia ini tidak mengkeret, maka hrs digunakan dg cara melatih kesadaran kita, dan ‘kehadiran’ kita thd apa2 yg kita lakukan.
🔹fenomena terkini dijalan raya misalnya banyak org yg aktif adl otak buayanya… senggol-bacok, maunya marah, ngajak brantem, seenaknya udel. Naudzubillah.

✅masalah penting adl selama ini kita mengaktifkan bagian mana dr otak kita? Mana yg terus diasah, apakah otak kuda kita atau otak buaya kita? Karena itu yg akan tercermin pd perilaku anak2 kita.. bayangkan jika manusia2 yg mengaktifkan terus otak buayanya tsb punya anak dan mendidik anaknya dg cara yg sama dia men-treat manusia lain… betapa tragisnya, krn anak tsb akan berprilaku apa2 yg ortuanya paling sering diperlihatkan ini disebut ketularan… karena pribadi dan karakter itu Bukan Keturunan tapi KETULARAN.

➡cukup 3 bulan berturut2 membiasakan diri setiap hari, mengulang2, akan menjadi sirkuit diotak dan otak melatih dan menjejakkan bahwa kita brkarakter susuai yg dibiasakan tsb.
Contoh hy perlu 3 bulan kita memiliki karakter pembohong dg melatih otak kita setiap hari dg kebohongan2an, dan cukup 3 bulan kita bergaul dg homo dan lesbian, shg kitapun dg mudah ketularan , naudzubillah….
➡namun itu pun berlaku untuk kebaikan. 3 bulan kita biasakan jadilah penambah kebaikan diri kita, menyempurnakan pribadi kita.

🌸Akhirul kalam… jgn berhenti memperbaiki diri, jgn salahkan orglain atau bahkan nenek moyang kita krn menjejakkan diri kita dg penularan nilai2 yg mnjadikan kepribadian kita seperti kini.

Kalau pola asuh ortua kita slama ini, mnjadikan diri kita pribadi yg rentan dan rapuh makan putuskanlah hal tsb, dan ubahlah apa yg sdh ada., jangan keukeuh tetap pada prinsip “be your self”, istilahnya ‘saya dah dr orok begini’.. krn justeru prinsip ini akan menutup diri kita dr perubahan mnjadi lebih baik.
🌸 jadilah “Your Growing self” yg terus bertumbuh menuju sempurna, ini adl niscaya, krn Allahpun telah memberikan kita potensi otak yg luar biasa…

🌸dan kelak ketika Allah memanggil, kondisi diri kita sudah siap dg “YOUR BEST SELF”…

Wallahu’alam Bissawab.

Nah klo ini resume diskusi kemaren malam.
***********
Diskusi Emak Kekinian
📆18 Januari 2106
Tema : Kenali Otak
Topik : Belajar Beremosi
Nara Sumber : Ani Khairani, M.Psi, Psikolog
Moderator : Siti Fatimah dan Gwann

(Diskusi dibuka dengan resume CV Bunda Ani dan materi yang ditulis ooeh Bunda Ani) Karena otaklah kita bisa mempergunakan hidup yg singkat ini menjadi berarti, kesluruhan hidup manusia sehat dan sakit (jiwa dan badan), bahagia dan derita, semua ada dipengaturan otak. Mahluk yg hanya 1500gr beratnya…

❓Sesi tanya jawab
☕Penanya: Bunda Rizkya
Saya tinggal di lingkungan suami yg reaktif. Bagaimana cara agar saya bisa lebih mengarahkan anak laki-laki saya agar cenderung lebih sabar dan menghindari watak keras tersebut?
Apakah ada latihan khusus bagi anak dibawah 3 tahun untuk dapat mencapai kematangan emosi? (Anak saya laki-laki saat ini usia 1 tahun)
Cara membiasakan anak beeemosi yg tepat:
➡Kenali anak nama2 emosi
➡ Informasikan kepadanya kapan tiap nama2 emosi itu digunakan
➡ Latihan terus, contoh dulu bayi mau haus, laper, bak, bab dan sakit semua tampil dalam tangisan, mulai 2 tahun ajari untuk dipilah mana yg harus menangis mana yg bukan.
➡ Buat sejenis diskusi kasus, berkenaan dg emosi yg ditampilkan oleh org lain tepat atau tidak, contoh omnya tiba2 marah2 krn sst hal, buat diskusi dg anak analisi si om sampai dengan harusnya dlm kondisi demikian omnya bersikap seperti apa.
➡ Kita sbg orgtua yg musti duluan memperbaiki penggunaan dominan otak kita.
✅Untuk tahap studi kasus iya tunggu dia bs komunikasi, tapi penamaan, oemaian emosi yg tepat itu sdh bisa dr 1 thn. Contoh misalnya anak yg rewel klo mau tidur:  Ade kenapa menangis, apa sakit, sedih, marah, ngatuk, laper?  Kalo ngantuk, ade ndak peelu menangis, stop dl menangisnya ayok kita tidur
✅Salah satu terapi emosi adl berkuda, mengikuti gerakan legukan kuda sampai bs ‘sehati’ sama kuda😉, untuk otak lainnya beda lg bunda.

☕Penanya: Bunda Fitri
1. Jika sudah terlanjur hingga dewasa (> 21thm) dominan otak kuda atau buayanya bagaimana mengembalikannya lg ke normal
2. Bagaimana cara memutus pola perilaku dari orang tua yg kurang baik?
➡ Latihan terus bunda, otak manusia yg mengkeret td dipompa lagi, harus dengan kesadaran penuh ketika mau beremosi, latih spy tdk reaktif, tambahi banyak pemahaman thd akhlaq yg baik, buat diri lbh empati, yaitu bisa terus coba memahami sudut pandang lain selain dirinya, coba pahami situasi yg teejadi, tdk lgs action. Kasih jeda sepersekian detik untuk pergunakan otak manusia dlm menimbang
➡Cara memutus kebiasaan adalah ganti dg kebiasaan baru yg lbh intensif, dan konsisten dg itu, spy otak terus terlatih untuk membuat sirkuit dari karakter yg kita inginkan👌🏻
➡Dengan berwudhu bun, dan sholat 2 rakaat. Klo ndak dlm situasi berwudhu, lg berdiri duduk, duduknya kaki bergantung, tdk menginjak bumi, dan punggung disenderkan, klo masih ndak release jg berbaring. Klo otak buaya aktif, maka dia akan mengirimkan sinyal ke tiap pembuluh darah untuk alert, Fight or Flight… klo duduk sambil kaki menginjak bumi, aliran darah masih alert. cara memutusnya ya aktivitas tsb dan biasakan buat jeda sepersekian detik sblm action.

☕Penanya : Bunda Rina
1. Apa kabar tentang otak tengah yg luar biasa itu benar adanya?
2. Rasulullah saw pernah menyatakan yg kurang lebih maknanya, “ada bagian dr tubuh kita yg jika dy baik, maka baiklah semuanya. Jika dy tidak baik, maka semuanya jg tidak baik. Bagian itu adalah hati.” Nah.. hati ini apa bagian otak kah?
3. Bagaimana agar hati kita dan keluarga kita baik?
➡ Otak tengah fungsinya tdk seperti apa yg diworo2 di marketing aktivasi otak tengah, kami asosiasi psikolog sekolah (APSI)  tahun 2009 klo ndak salah di solo membahas ini, mengundang prof ibrahim, dokter ahli neuroscience, psikolog dan lembaga yg katanya aktivasi otak tengah, tyta ndak ada itu otak tengah, prof ty bagian mana yg anda bicarakan ya tt otak tengah? Klo yg anda bicarakan tsb ndak ada yg istimewa dr fungsinya, dan ndak bs bekerja sendiri otak tsb.jd ndak kuat landasan keilmiahannya  scr keilmuan psikologi tt otak tengah tsb
➡Yang menarik dr paparan Doktor Amir Zuhdi ahli neuroscience bahwa penlitian tt otak kekinian makin maju, makin banyak ditemukan berbagai keajaiban otak, kalbu konon ada di ubun2 otak bagian god spot, dan hati adalah kabel alarm nya, yg mnyambungkan sgala aktivitas hidup tsb.. bahkan ada satu titik dibelakang mata kanan, bagian otak yg berupa folder2 memory keseluruhan kegiatan tiap organ tubuh manusia, tangan digunakan untuk apa saja, kaki dilangkahkan kemana saja, hati digunakan untuk apa, ini dlm surat yasin mnjadi bukti, bahwa akan tiba hari mulut terkunci dan  dalam folder inilah Allah swt menguak memutar kembali memory tiap organ manusia.
➡ Psikolog dan psikiater ndak akan laku, klo tiap org akan sehat jiwanya. Caranya adl dg ikhlas… ikhlas bagian dari ciri ssrg yg sehat jiwa.
Ikhlas itu seperti surat  al ikhlas…

☕Penanya : Bunda yulia
Pengaruh nutrisi dan stimulasi utk otak…mana yg lbh dominan?
➡Makanan otak adl ilmu… stimulasi penting dr awal 0 thn sampai 15 thn krn disitu 85% otak menyempurnakan fungsinya.
Makanan badan adl nutrisi, otak adl bagian dr organ jd butuh jg nutrisi terutama oksigen.
Otak terbentuk scr organ ketika masa kehamilan… jaga 3 hal : jgm cedera, jgn kena virus yg mnyebabkan panas tinggi dan jangan stress, in sya allah pertumbuhannya optimal… ketika anak lahir hingga usia batita jaga terus 3 hal tadi juga tdk terjadi. Krn apa? Sel otak itu tdk bs ada perbaharuan diri… jd klo sakit atau rusak itu mati. Jd beékurang modal kita, makin mwnurun fungsi otak kita
Secara normal saja fungsi otak akan mwnurun 18% dari usia 0 sd 60 thn, jadi makin lama.kita pikun adl normal, tp bisa dipercepat pnurunan itu dg 3 hal tadi, terutama stress.. ibarat klo sel otak diberi kpd kita kira2 ada 16 milyar, sekali stress akan mati 100rb nya… stress teringan bagi anak adl dibentak..
Jd aupaya otak kita cemerlang jangan stress, supaya ndak stress maka IKHLAS lah.

☕Penanya : Bunda Rahma
1.Mba ani, kegiatan apa lagi yg bisa disarankan utk anak selain berkuda, ygmkebuh terjangkau
2. Utk anak skitar usia 4th, yg belum terampil menyalurkan emosi negatifnya (suka marah, teriak dll), bagaimana mengarahkannya lagi spy bisa lebih baik, sementara ibunya juga masih berlatih mengendalikan emosi dg tepat juga?
➡ Kegiatan pertama td itu, mengenali emosi, latihan, evaluasi emosi org, dsb, alihkan anak yg lg emosi untuk menggunakan otak manusianya untuk berpikir. Contoh, anak yg pertama st emosinya luar biasa, klo marah bisa seharian, riwayatnya ketika hamil sy rada stress krn sambil kuliah profesi psikologi😁di usia 5 6 tahun sy br rau bahwa cara mwngaluhkan emoainya adalah ajak ngomong sesuatu yg jd minatnya, dia suka bangunan dan kendaraan. Pas lagi emosi itu saya kagetin dulu buat cari perhatiannya, “BANG! Bunda tadi liat lego model baruuu loooh”, dg antusias,  dia masih marah, trus saya terusin, legonya bentuknya kendaraan berat, mau liat gak, sambil saya ajak ke de.pan kompter, emosinya lbh cepat release, dibanding sy -bujuk2 buat gak marah.
Alihkan pd sstu yg gak nyambung dg masalah
➡ Emosi itu menular😁.. selama.kita ibunya masih lbh sering mengaktifkan otak buaya dan kuda begitulah anak kita… in sya allah pelan2 makin tenang kita, makin tenang jg anak kita..

☕Kesimpulan (by Gwan)
Otak terbagi mjadi 3 bagian besar, yaitu otak mamalia, otak reptil,dan otak manusia.. ketiganya harus berfungsi seimbang. Tp jika pd knyataannya ada 1 fungsi yg dominan misal otak reptil.. dan kita terbiasa reaktif mnanggapi stiap kejadian dalam hidup,maka semua bisa diperbaiki dengan pembiasaan dan melatih diri terus menerus.
Latih anak utk mengenali emosinya sejak kecil dan pelihara kondisi otak anak mulai anak masih dalam kandungan.
Tambahan; Makanan badan adalah nutrisi dr apa yg kita konsumsi, smntara makanan otak adalah ilmu. Jadi yukk banyak belajar dan hindari stres agar otak tak cepat mnurun kemampuannya 😁
Wallahu ‘alam bisshawab

Diresume oleh : Dewi Aprilia Kurniawati
📖 : http://www.liyadewi.blogspot.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s