Diskusi Tentang Gizi

Alhamdulilah Sabtu lalu berkesempatan ikutan diskusi via Whatshap Grup lagi dengan tema “Gizi”. Banyak banget ilmu ydang di share oleh boomber dan luas banget cakupan, agak bingung nge resumenya, semoga nggak bingung yang bacanya ya. Berikut resumenya
😊😊😊😊😊
Diskusi Emak Kekinian
12 Desember 2015
Boomber: Septian Suhandono (Peneliti Muda Lembaga Penelitian Pangan dan Gizi IPB Bogor)
Notulen: Dewi Aprilia K.
☕ Nutrition diterjemahkan ke bahasa menjadi 3: Nutrisi, Gizi dan Unsur Hara. Penggunaan ketiganya beda, Nutrisi untuk pakan hewan, Gizi untuk makanan manusia dan Unsur Hara untuk tumbuhan. Gizi dari bahasa arab “ghizai” yang artinya makanan yang baik. Hara dari hareem, bahasa sansekerta
Sebagai orang gizi, aku maennya di ranah preventif, pencegahan. Sakit adalah kondisi dimana orang gizi, termasuk aku, udah gagal.
☕Aku diminta sama salah satu guru besar di Gizi IPB untuk bantu buat kopi ama teh di tim SUN Indonesia. SUN, Scalling Up Nutrition. Implementasi teknisnya di Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). Sudah adakah yang mendegar ?
Kenapa1000 hari? Seribu hari disini adalah seribu hari pertama kehidupan anak, mulai dari 270 (9 bulan) masa didalam kandungan dan 730 hari (2 tahun pertama pasca lahir).
Kenapa penting? Ini adalah masa pertumbuhan dan perkembangan seluruh organ dan sistem tubuh. Pada saat dilahirkan, bayi mempunyai organ yang hampir semuanya telah selesai dibentuk, diikuti dengan perkembangan pasca lahir.
✅Anak yang mengalami malnutrisi (bisa gizi kurang atau gizi lebih) pada 1000 HPK, punya tiga risiko:
1) Risiko terjadinya penyakit tidak menular/ khronis, tergantung organ yang terkena. Sebutlah ginjal, maka akan menderita hipertensi dan gangguan ginjal. Kalau pankreas maka akan berisiko punya DM tipe 2. Kalo jantung akan berisiko menderita penyakit jantung, dst;
2) bila otak yang terkena maka akan mengalami hambatan pertumbuhan kognitif, sehingga kurang cerdas dan kompetitif;
3) gangguan pertumbuhan tinggi badan, sehingga berisiko pendek/stunting.
Keadaan ini ternyata ndak hanya bersifat antar-generasi (dari ibu ke anak) tetapi bersifat trans-generasi (dari nenek ke cucunya). Sehingga diperkirakan dampaknya mempunyai kurun waktu 100 tahun, artinya resiko tersebut berasal dari masalah yang terjadi sekitar 100 tahun yang lalu, dan dampaknya akan berkelanjutan pada 100 tahun berikutnya.
🐧TANYA JAWAB🐧
🐼Bagaimana mendeteksi lebih dini jika anak kekurangan gizi penting selama 1000 hari pertamanya?
Sebenernya telat banget kalau deteksi 1000 HPK ada di anak. Harusnya mulai dari si ibu berusia remaja (12-19 tahun). PERPRES Perbaikan Gizi masukin remaja di salah satu fokus utamanya. Remaja diutamakan punya IMT (Indeks Massa Tubuh) ideal. Udah tau lah ya ngitung IMT?. Kalau IMT-nya kurang anak bisa BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah) dan kemudian semua ekses negatif menyertai. Kalau IMT lebih, risiko hipertensi, risiko anak punya gen hipertensi atau pendarahan pas bersalin.
✅Cara menghitung IMT : IMT=BB/(TB*TB)
Lalu dicocokkan dgn tabel IMT. Semakin ke kanan dari hijau semakin berlebih. Ke kiri semain kurang. Normal kalau berada diantara kuning. Ideal ada di yang hijau.
✅Pasien gizi kurang/buruk dietnya namanya itu, TKTP. Kalau orang dapur bilang, asal mau masuk, apa aja boleh masuk. Tinggi Kalori Tinggi Protein. Tapi buah sayur, minum air putih jangan lupa.
✅Remaja putri juga dijaga supaya ndak anemia (Hb > 12mg/dL). Anemia buat pasokan oksigen ke bayi pas kelak hamil jadi ndak optimal, akhirnya ekses negatif juga ngikut. Kalau hasilnya kurang, harus diusahakan supaya sampe normal lagi. Kalo hasilnya lebih, nah ini, kadang anak gendut dianggep bagus, lucu dsb, sebaiknya anggapaan ini udah mulai dibuang. Anak yang udah gendut dari kecil, sel lemaknya udah banyak, agak sulit menormalkan BB nya ketika udah dewasa. Tapi kalau memang masa ini udah ditangani, anak udah lahir, tapi belum sampe umur 2 tahun, masih ada kesempatan untuk setidaknya mengurasi risiko negatif yang mungkin terjadi.
✅Bawalah anak ke Posyandu. Timbang berat badan dan ukur tinggi badan, cocokkan dengan KMS.
Sayangnya Posyandu kita belum sempurna sistemnya. Harusnya KADER PER POSYANDU itu 5 ORANG.
1. Pendaftaran, 2. Pengukuran (ndak cuma ditimbang, juga diukur panjang badan si bayi), atau lingkar perut ibu, 3) Pencatatan (di KMS), 4) Konsultasi (ini hampir Posyandu ndak pernah ada, kecuali kalo pas ada orang Dinkes atau istri pejabat mau dateng dan 5) Tindakan medis, oleh Bidan atau Dokter.
🐼Apakah ada gizi khusus untuk anak prematur?
Untuk prematur, ndak ada panduan khusus. Aku dulu juga prematur. Karena sudah 11 bulan, maka sudah bisa dikenalkan untuk Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). ASI harus terus. Kenalkan makanan rumah dan keluarga yang sesuai
🐼Apakah gizi berpengaruh pada tinggi anak? Atau hanya genetik saja?
Kecil di KMS terhitung normal atau dibawah. Gen punya faktor di BB sesorang, tapi ndak sampai 15%. Sisanya tergantung asupan gizi. Stunting, atau pendek jadi masalah juga di Indonesia. Ada 30% Balita kita stunting. Anak yang stunting punya kognitif yang cenderung lebih rendah dibanding anak normal. KMS masih bisa dipake sampai umur 5 tahun untuk mengetahui apakah anak BB/TB-nya kurang atau ndak. Selepas itu pake pake tabel Z-Score
🐼MPASI dini karena ASI kurang apakah betul?
Duh, harusnya jangan. ASI Ekslusif cukup. Kalau dasarnnya ASIP kurang, ya berarti harus dilancarkan. Janga ngorbanin si anak. Halo Mbak Dinda,
Di AKG sampe 6 bulan harusnya cuma ASI, kebutuannya memang itu. Kalau kenaikam berat badan ndak bisa jadi alasan selama berat badannya masih normal (cek di KMS). MP ASI terlalu dini malah bisa ngakinatin ekses negatif di saluran cerna dan kemampuan oral bayi.
🐼Bagaimanakan pengaturan menu yang baik untuk anak? Untuk pengaturan menu, 3 kali makan, 2 kali snack aku setuju. Tapi ndak harus makan nasi sih. Roti atau biskuit, atau pisang lembut juga mengandung karbohidrat yang bisa menggantikan nasi. Malah dari kecil anak harus mulai divariasikan makanannya. Asal sesuai dengan perkembangan sistem cerna si anak. Semakin bervariasi anak dikenalkan makanan, risiko untuk anak kelak ndak suka makanan tertentu saat besar akan mengecil juga.
🐼Apakah Tinggi Badan (TB) berkorelasi dgn IQ?
 Selama ini korelasi kognitif dengan TB sih. Selalu ada outlier, kayak Habibie yang pinternya Subhanallah padahal TB-nya ndak sampe 155. Tapi yah, dasar saintifik memang diambil berdasar kesimpulan selang normal, bukan outlier.
🐼Pertanyaan saya apa kombinasi terbaik untuk komposisi makanan bagi saya?
Porsi nasi kita 3-4 porsi sehari, 1 porsi sekitar 1 mangkuk kecil. Kalau Ibu hamil dan menyusui jadi 5-6 porsi. Perbanyak sayur dan buah bagus. Jangan lupa seporsi protein hewani dan seporsi protein nabati. Air minum 2 liter perhari. Istirahat, aktifitas fisik, hindari polusi & stress.
🐼Ayah sy meninggal karena kanker, yang menurut Dokter membuat potensi lebih. Ibu sy memiliki penyakit anemia haemolitik yang menurut Dokter menurun
Yg saya lakukan selama ini mengurangi nasi dan memperbanyak sayur Dan buah,adakah alternatif yang terbaik?
Kanker emang degeneratif, tapi kalau ndak ada pemicunya juga ndak akan timbul. Pemicunya yang sudah diketahui sejauh ini adalah makan ndak bener, banyak gorengan, banyak junk food, polusi, radioaktif dll dll. Haemolitik warm ndak ada terapi dari makanan karena sifatnya genetik. Aku juga kurang tau terapi medisnya. Coba konsul sama dokter Sp penyakit dalam. Yang terkait makanan itu anemia gizi besi, kurang konsumsi sumber protein hewani, begadang.
🐼Apakah ada keterkaitan antara nutrisi over dengan sikap anak aktif?
 Anak hiperaktif wajar, namanya anak-anak. Menurutku malah ini bagus, untuk perkembangan syaraf motorik. Bukan karena asupan gizi lebih atau nutrisi over atau apalah-apalah.
✅Kata Gizi Seimbang, semakin beragam makanan semakin baik karena semakin banyak macam zat gizi yang masuk ke tubuh. 4 Sehat 5 Sempurna udah ndak berlaku sejak tahun 95. Gantinya ya Gizi Seimbang. GIZI SEIMBANG, 5 porsi nasi, 4 porsi protein hewani, 4 porsi nabati, 5 porsi buah, 5 porsi sayur, air putih 2 liter.
✅Sedangkan untuk anak yg hiperaktif ada tes khususnya. Iya, kalau ADHD harus diet rendah glutein. Ndak bisa makan terigu dan olahannya berarti.
🐼Bagaimana mengatasi anak yg susah makan?
Penelitian Prof Ani, Gizi IPB, anak yang dipaksa makan, punya status gizi yang lebih baik dibanding anak yang ndak suka makanan tertentu lalu dibiarkan dengan alasan kasian dll. Setelah segala macam dengan kesabaran bertubi digunakan, anak ndak mau juga, harus dipaksa. Penelitian Prof Ani, Gizi IPB, anak yang dipaksa makan, punya status gizi yang lebih baik dibanding anak yang ndak suka makanan tertentu lalu dibiarkan dengan alasan kasian dll. Pembiaran ke ndak sukaan anak terhadap satu jenis makanan akan menahun dampaknya kalau udah lewat dari masa MP-ASI (2 tahun).
🐒Closing statement
Jangan sampe sakit. Pola pikir sakit baru diobatin udah ketinggalan jaman. Spend banyak sumber daya untuk mencegah sakit lebih masuk akal dibanding bayar premi asuransi untuk jaga-jaga pas nanti sakit.

Semoga Bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s