Diskusi Tentang KB

Diskusi Emak Kekinian
Tgl 28 nov 2015
Tema : KB
Boomber : Bidan Arva Rochmawati (Pendidik Bidan)
Notulensi : Dewi Aprilia K.
👪KB merupakan usaha atau upaya merencanakan dan mengatur jarak kelahiran. Jenis dan metode KB ada 2 yaitu Hormonal (Pil, suntik, dan implan) dan Non Hormonal (Mal, Kondom, AKDR, Kontap/Mantap). Bahkan saat ini sebenarnya sudah berkembang metode KB lain seperti Pil KB pria, Koyo, celana dalam pemanas dan untuk 2 metode terakhir belum berkembang di Indonesia.
👪Sekarang sudah bnyak metode KB yg diarahkan ke pria sehingga tidak melulu harus wanita yg menggunakan. KB pria yg metode celana pemanas ini digunakan dg konsep sperma akan rusak/mati bila suhu disekitar pabrik sperma panas/tinggi.
Maka tidak heran biasanya pria yg bekerja sebg driver dan yg suka pakai motor cowok atau moge dg posisi bensin didepan akan cenderung spermanya sedikit atau zero. Sedangkan untuk yg pil kbnya konsep untuk menghentikan produksi sperma dengan bantuan menggunakan hormon.
👪Untuk Kb mana yg baik itu bersifat individual…apabila seseorang mempunyai riwayat penyakit jantung, tumor, kanker, atau penyakit2 yg berhubungan langsung dg pengaruh hormon wanita maka tdk masalah. Justru sebaliknya bila punya riwyat penyakit yg berhub dg hal2 tersebut maka sebaiknya disarankan menggunakan metode non hormonal. Termasuk kegemukan jg tdk menggunakan hormonal.
👪AKDR merupakan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim atau IUD atau istilah bekennya adalah spiral krn jaman dulu bentuknya seperti spiral. Namun perkembangan jaman skrn bentuknya sperti T maka skrng sebutanya adalah copper T atau nova T. Nah yg membedakan adalah bahannya, kalau saran saya adl nova T krn sedikit efek sampingnya tapi dilihat lagi kondisi individual y ibu2.
Sedangkan Kontap= Kontrasepsi Mantap atau steril, kalau pada wanita disebut tubektomi dan pada pria disebut vasektomi. cara kerja nya dg menghambat saluran telur dan sperma supaya tdk bertemu.
👪 salah satu efek pemasangan spiral memang akan mengalami masa menstruasi yg panjang dan bahkan banyak.oleh krn itu hrs diimbangi asupan makanan yg mengandung zat besi tinggi atau suplemen zat besi yg bnyak djual di apotek. Ingat daun singkong disini tidak dianjurkan krn akan menghambat penyerapan zat besi, perbanyak kandungan zat besi dari protein hewani ya
👉Dikatakan wajar bila memang kondisi ibu tidak bermasalah dan tidak sampai mengganggu aktivitas misal pingsan nah ini berarti akan mengganggu aktivitas, kemudian lemas lesu lunglai berhub. dg anemia maka harus segera penuhi dulu asupan tambah zat besi spt yg tadi sdh sy sampaikan.
👉ingat penyerapan zat besi terbaik pada sumber protein hewani bila sampai tdk berhasil keluhan masih berlanjut mangga silahkan kontrol ke bidan atau dokter. Selain itu nyeri yg amat sangat sampai terganggu aktivitasnya jg dsarankan ke bidan atau dokter.
👉 diingat jg minum suplemen harus dilihat apakah harus makan dulu atau tidak. Krn beberapa suplemen dapat menyebabkan lambung perih atau nyeri.
👪 Tidak ada istilah rahim kering yaah. Itu sebenarnya berhubungan dg kondisi penekanan hormon wanita sehingga telur tidak diproduksi. Fungsi pil/suntik/implan adalah menekan hormon wanita supaya tdk memproduksi telur.
👉Nah ada batasan biasanya 2 tahun penggunaan lebih baik dhentikan terlebih dahulu atau istrht. Krn ada efek samping nya yg berkaitan dg pengeroposan tulang.
👉Metode hormonal biasanya akan memyebabkan penumpukan hormon didlm tubuh. Sehingga efeknya ketika kita lepas dari hormonal maka tdk langsung segera haid atau subur.
🌹🌼🌻KB sendiri memang banyak macamnya dan seperti yg sudah sy sampaikan efek sampingnya bersifat individual jadi sebelum mantap penggunaan kb apa yg sesuai dg ibu silahkan bertanya sebanyak2nya dan ingat y bund harus rutin kontrol. Klo memang ibu2 sering lupa lebih baik jangan menggunakan hormonal seperti pil dan suntik bulanan atau 3 bln sekali krn jadi tdk efektif coba ganti metode yg lebih lama durasinya. Beberapa ibu2 mungkin akan lebih tepat menggunakan iud tetapi klo ibu tdk nyaman mangga, klo selama ini biasanya ketidaknyamanan berkaitan dg proses pemasangan, klo ibu malu bs dpasang oleh bu bidan atau dokter wanita.

Semoga Bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s